ANALISIS REALISASI SINGLE PERSPEKTIF KAMERA SEBAGAI PENDETEKSI OBJEK DAN MARKING PADA MOBILE ROBOT NAVIGATION

ILHAM AKBAR AL ASY` ARI

Informasi Dasar

19.04.1546
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Mobile Robot adalah suatu robot yang mana bergerak dari suatu titik ke titik lain dengan misi tertentu. Mobile Robot secara luas dimanfaatkan di dalam berbagai kehidupan manusia, seperti robot untuk pelayanan, robot untuk militer, robot untuk transportasi, robot untuk didalam air, dan lain sebagainya. Untuk membuat perangkat lunak pada system mobile robot tentu akan sulit terutama karena skala dan ruang lingkup robotika akan terus berkembang mengikuti perkembangan jaman. Oleh karena itu untuk memudahkan untuk perancangan system robot dalam penelitian ini menggunakan robot software platform yang bernama ROS(Robot Operating System). Di dalam ROS terdapat banyak tools, lapisan komunikasi, dan simulasi untuk perancangan system robot.

Pada penelitian ini proses input dilakukan dengan menggunakan sensor kamera yang mana harus dikalibrasi terlebih dahulu agar dapat menyesuaikan pada lingkungan dan bertujuan untuk mengukur jarak antar kamera dan marker. Tujuan Mobile robot ini yaitu melacak target yang mana mobile robot akan melakukan inisialisasi berupa berputar di tempat bila ditemukan target. Robot akan menghadap ke arah target dan robot akan menghampiri target.

Skenario pengujian pada Mobile Robot dilakukan dengan pengujian pada kamera sebagai sensor penglihatan pada robot, mendeteksi target dari segala kondisi jarak, pengaruh kecepatan berputar dalam mencari target, pengujian dalam hal tracking pada target yang diam dalam kondisi sudut yang berbeda, dan yang terakhir pengujian dalam tracking pada target yang dinamis. Dan hasilnya kecepatan sudut dalam mencari marker sebesar 0.3 rad/s, kecepatan linier dalam proses tracking sebesar 0.1 m/s, robot akan berhenti pada jarak maksimal pada target sebesar 10 cm. Jangkauan sensor kamera pada robot sampai 60° terhadap target. Derajat kemiringan marker dalam posisi robot sudah menghadap target sampai dengan 45°. Robot hanya fokus pada satu target saja, bila ada target lain hanya sekedar terdeteksi saja

Subjek

Robot vision - computer vision
 

Katalog

ANALISIS REALISASI SINGLE PERSPEKTIF KAMERA SEBAGAI PENDETEKSI OBJEK DAN MARKING PADA MOBILE ROBOT NAVIGATION
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ILHAM AKBAR AL ASY` ARI
Perorangan
AGUNG NUGROHO JATI, CASI SETIANINGSIH
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • CEH4E3 - COMPUTER VISION A
  • CEH4C3 - ROBOTIKA DAN SISTEM CERDAS
  • TKI4M3 - ROBOTIKA DAN SISTEM CERDAS

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini