PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL, AGE DIVERSITY, TENURE DIVERSITY DAN DEBT TO EQUITY RATIO TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Pada Industri Sektor Barang Konsumsi yang Terdaftar di BEI periode 2013 - 2017)

RADYA MUTIARA RAMADHANTY

Informasi Dasar

19.04.1456
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Ketatnya persaingan bisnis membuat perusahaan berkompetisi meningkatkan daya saingnya agar kinerja keuangan meningkat. Kinerja Keuangan yang diproksikan dengan Earning Per Share yang merupakan ukuran kemampuan perusahaan untuk menghasilkan keuntungan per lembar saham. Board Diversity serta Financial Leverage yang diproksikan dengan Debt to equity Ratio dilakukan untuk mengelola Intellectual Capital dan meningkatkan EPS.

Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan bagaimana Intellectual Capital (IC) , Age Diversity, Tenure Diversity, Debt to Equity Ratio dan Kinerja Keuangan Perusahaan. Disamping itu juga untuk mengetahui apakah Intellectual Capital, Age Diversity, Tenure Diversity, Debt to Equity Ratio berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap Kinerja keuangan pada perusahaan di industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2017.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik penentuan sampel dalam penelitian adalah purposive sampling menghasilkan 10 perusahaan sebagai sampel dalam kurun waktu 5 tahun. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi data panel dengan aplikasi Eviews 9.0.

Hasil penelitan ini menunjukkan secara simultan, Intellectual Capital, Age Diversity, Tenure Diversity, dan DER berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan. Secara parsial, Age Diversity dan Tenure Diversity berpengaruh positf signifikan terhadap Kinerja Keuangan serta Intellectual Capital dan DER tidak berpengaruh tehadap Kinerja Keuangan.

Perusahaan disarankan untuk memaksimalkan tenure diversity diantaranya dengan melakukan pergantian anggota dewan direksi secara rutin. Selain itu, age diversity juga perlu dimaksimalkan agar earning per share meningkat.

Kata Kunci: Intellectual Capital; Diversity; DER; Kinerja Perusahaan

Subjek

Accounting-Services and Proffesional Activities
 

Katalog

PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL, AGE DIVERSITY, TENURE DIVERSITY DAN DEBT TO EQUITY RATIO TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Pada Industri Sektor Barang Konsumsi yang Terdaftar di BEI periode 2013 - 2017)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RADYA MUTIARA RAMADHANTY
Perorangan
DJUSNIMAR ZULTILISNA
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini