Analisis Volatility Spillover Harga Bitcoin dengan Harga Altcoin Tahun 2013-2018 (Studi pada Bitcoin dan Altcoin: Ethereum, Ripple, Bitcoin Cash, dan EOS)

AMANINTIA SYAIRA AULIA

Informasi Dasar

19.04.1340
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kesuksesan Bitcoin sebagai cryptocurrency, mendorong munculnya banyak cryptocurrency lain yang disebut sebagai altcoin. Bitcoin memiliki volatilitas yang tinggi, dimana harganya cepat sekali mengalami perubahan, baik naik maupun turun. Sebagai pelopor cryptocurrency, volatilitas tinggi yang terjadi pada harga Bitcoin memiliki kemungkinan untuk memengaruhi atau memiliki efek menular (spillover) terhadap volatilitas harga altcoin. Begitu pula sebaliknya, harga altcoin yang terus menguat pun turut menciptakan kemungkinan bagi harga altcoin untuk memengaruhi harga Bitcoin.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terjadi volatility spillover antara Bitcoin dan empat altcoin mayor dengan kapitalisasi pasar tertinggi, yaitu Ethereum, Ripple, Bitcoin Cash, dan EOS. Selain itu, juga untuk mengetahui bagaimana arah pergerakan dari volatilitas antara Bitcoin dengan empat altcoin yang diteliti tersebut apabila terdapat volatility spillover di antaranya. Data yang digunakan adalah data time series berupa data harian harga penutupan Bitcoin dan altcoin Ethereum, Ripple, Bitcoin Cash, dan EOS yang diambil dari website Cryptocurrency Market Capitalizations. Kemudian, untuk dapat menjawab pertanyaan penelitian, data tersebut dianalisis menggunakan uji Augmented Dickey-Fuller, uji GARCH dan uji Granger Causality.

Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa Bitcoin, Ethereum, Bitcoin Cash, dan EOS stasioner pada first difference dengan mengubah data harga penutupan menjadi return dari masing-masing data. Namun, data harga penutupan Ripple telah stasioner pada level tanpa perlu diubah terlebih dahulu menjadi return, sehingga Ripple harus dikeluarkan dari penelitian. Kemudian, data return Bitcoin dengan Ethereum serta Bitcoin dengan Bitcoin Cash mengalami masalah heteroskedastisitas yang sehingga dapat dilakukan analisis menggunakan metode GARCH. Sedangkan, pada data return Bitcoin dengan EOS tidak terdapat heterokedastisitas, sehingga dikeluarkan dari penelitian karena tidak dapat diuji dengan GARCH.

Hasil analisis menggunakan GARCH menunjukan bahwa terjadi volatility spillover antara Bitcoin dengan Ethereum serta Bitcoin dengan Bitcoin Cash. Lalu, uji Granger Causality menunjukan hasil bahwa volatility spillover yang terjadi antara Bitcoin dan Ethereum adalah hubungan kausalitas satu arah (tunggal) dari Bitcoin ke Ethereum. Sedangkan, pada Bitcoin dan Bitcoin Cash terjadi hubungan kausalitas dua arah (bilateral).

Kata Kunci: volatility spillover, Bitcoin, altcoin, GARCH, Granger Causality.

Subjek

FINANCE
 

Katalog

Analisis Volatility Spillover Harga Bitcoin dengan Harga Altcoin Tahun 2013-2018 (Studi pada Bitcoin dan Altcoin: Ethereum, Ripple, Bitcoin Cash, dan EOS)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AMANINTIA SYAIRA AULIA
Perorangan
BRADY RIKUMAHU
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini