ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMOTIVASI WANITA UNTUK MENJADI WIRAUSAHA (STUDI PADA UMKM BINAAN KSU MISYKAT WILAYAH TEGALLEGA DAN MOHAMAD TOHA)

IQBAL AL AMIN LUBIS

Informasi Dasar

19.04.1123
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan pada UMKM Binaan KSU Misykat Wilayah Tegallega dan Mohamad Toha. UMKM yang menjadi binaan KSU Misykat diberikan pendampingan berupa khasanah keilmuan tentang berwirausaha sekaligus mendalami ilmu keagamaan secara mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memotivasi wanita untuk menjadi wirausaha pada UMKM Binaan KSU Misykat Wilayah Tegallega dan Mohamad Toha. Penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik sampling pada non-probability sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 25 respoden. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan melakukan penyebaran kusioner yang disebarkan kepada seluruh responden yaitu, women entrepreneur anggota UMKM binaan Misykat Jawa Barat yang berdomisili di Bandung, Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari dua puluh empat atribut faktor yang diteliti, skor tertinggi adalah sebesar 92,0% yaitu pada atribut Need for greater income. Dari dua puluh empat atribut faktor yang diteliti, dihasilkan empat komponen faktor baru yang terbentuk yaitu faktor pertama dinamakan faktor Motivasi Wirausaha. Karena, atribut-atribut yang membentuk faktor terdiri atas To prove my talent, High Self-Esteem, Managerial Qualification, Awareness about various loan schemes, Freedom to adopt own leadership style, Family motivation, Provide job to others, Government subsidy, Memiliki reputasi yang baik di masyarakat dan keluarga, dan Mendapatkan ketidak adilan dalam organisasi sebelumnya.Selanjutnya, faktor kedua dinamakan faktor Orientasi Produk. Faktor ini dibentuk oleh atribut Determination, Demand for the product, Small Investment, Availibility of raw material, Sense of satisfaction, dan Past experience. Faktor ketiga dinamakan faktor Kemandirian. Faktor ini dibentuk oleh atribut Desire to be independent, Technical Qualifacation, Confidence about skill and knowledge, Closer to family, dan Need for greater income. Yang terakhir adalah faktor Impian personal yang terdiri dari tiga atribut faktor yaitu An Ambition to become an entrepreneur, Family welfare, dan memperoleh kemajuan dalam karir dan promosi.

Kata Kunci: Motivasi, Wirausaha, Womenpreneur, UMKM

Subjek

Entreupreneurship
 

Katalog

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMOTIVASI WANITA UNTUK MENJADI WIRAUSAHA (STUDI PADA UMKM BINAAN KSU MISYKAT WILAYAH TEGALLEGA DAN MOHAMAD TOHA)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

IQBAL AL AMIN LUBIS
Perorangan
KRISTINA SISILIA
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • SN843036 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini