PENENTUAN LOKASI CHORUS PADA MUSIK MP3 MENGGUNAKAN KOEFIESIEN KORELASI 2-D PADA FRAME BERBASIS CIRI MEL-FREQUENCY CEPSTRAL COEFFISIENT (MFCC)

DINE OCTAVIA KUMALASARI

Informasi Dasar

19.04.1107
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pada perkembangan teknologi yang semakin pesat ini, kebutuhan manusia dalam mempermudah pencarian informasi semakin bertambah, terutama di dunia hiburan seperti musik. Maka dari itu dilakukanlah penelitian pada pengolahan sinyal informasi khususnya musik. Metode pencarian judul lagu dengan input suara senandung manusia atau humming membutuhkan pola nada pada bagian chorus dari sebuah lagu. Proses pemisahan chorus membutuhkan waktu yang lama jika di- lakukan secara manual. Oleh karena itu sebuah metode untuk menentukan posisi chorus lalu memisahkannya secara otomatis merupakan solusi dari masalah terse- but. Pada penelitian ini diusulkan penggunaan metode Mel-Frequency Cepstral Co- efficient (MFCC) pada frame sinyal audio dan menggunakan perhitungan koefisien korelasi 2-D untuk mendapatkan posisi chorus. Pertama-tama proses dimulai den- gan memilih file MP3 dan selanjutnya didapatkan data sinyal audio. Kemudian di- lakukan proses pemotongan sinyal audio menjadi potongan kecil yang disebut frame yang mana proses ini disebut proses Framing. Lalu pada setiap frame dilakukan proses transformasi MFCC untuk mendapatkan nilai koefisien MFCC. Koefisien MFCC disini merupakan ciri yang membedakan satu frame dengan frame yang lain. Dan proses terakhir adalah proses penentuan posisi chorus dengan menggunakan proses korelasi 2-D. Parameter keberhasilan simulasi ini adalah akurasi data. Hasil ACC dengan metode MFCC menghasilkan rata-rata ACC sebesar 94,5%. Waktu rata-rata proses untuk satu lagu adalah 0,24 detik pada ukuran frame 1 detik.

Kata Kunci: Sinyal audio, chorus, mel-frequency cepstral coefficient (MFCC), koefisien korelasi 2-D.

Subjek

Telecommunication
 

Katalog

PENENTUAN LOKASI CHORUS PADA MUSIK MP3 MENGGUNAKAN KOEFIESIEN KORELASI 2-D PADA FRAME BERBASIS CIRI MEL-FREQUENCY CEPSTRAL COEFFISIENT (MFCC)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DINE OCTAVIA KUMALASARI
Perorangan
Ledya Novamizanti, I Nyoman Apraz Ramatryana
 

Penerbit

Universitas Telkom, Fakultas Teknik Elektro
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini