KOMUNIKASI DAKWAH DI MEDIA SOSIAL (Analisis Semiotika John Fiske Tentang Video One Minute Booster “Sabar” pada Akun Instagram @Pemudahijrah)

ALTA INDAH KALOKA

Informasi Dasar

19.04.1053
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat, saat ini penyampaian dakwah dapat menggunakan media visual, contohnya dengan menggunakan video. salah satunya adalah video One Minute Booster. One Minute Booster adalah video dakwah yang diunggah oleh akun Instagram milik komunitas gerakan pemuda hijrah. Salah satu videonya yang berjudul “Sabar” menjelaskan mengenai keutamaan dari sabar. Di dalam video tersebut terdapat potongan-potongan gambar bergerak yang melukiskan tanda-tanda dari sabar.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui makna kode semiotika mengenai komunikasi dakwah tentang sabar dalam level realitas, level representasi, dan level ideologi. Untuk mencapai tujuan penelitian, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan semiotika John Fiske berdasarkan The Codes Of Television yang terbagi kedalam tiga level, yaitu level realitas, level representasi, dan level ideologi. Hasil penelitian menunjukkan komunikasi dakwah tentang sabar diperlihatkan dengan menampilkan seorang pemuda dengan aktivitas yang dikerjakannya. Pada level realitas, komunikasi dakwah tentang sabar ditunjukkan melalui kode kostum, gerakan, ekspresi, setting, dan teks. Pada level representasi penggambaran komunikasi dakwah ditunjukkan melalui kode kamera, suara, dan musik. Pada level ideologi, komunikasi dakwah sabar direpresentasikan pada keutamaan-keutamaan sabar. Kata kunci : Komunikasi Dakwah, Pemuda Hijrah, Semiotika, Semiotika John Fiske.

Subjek

COMMUNICATION-MEDIA
 

Katalog

KOMUNIKASI DAKWAH DI MEDIA SOSIAL (Analisis Semiotika John Fiske Tentang Video One Minute Booster “Sabar” pada Akun Instagram @Pemudahijrah)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ALTA INDAH KALOKA
Perorangan
RANA AKBARI FITRIAWAN
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini