PEMISAHAN CHORUS PADA MUSIK MP3 MENGGUNAKAN KOEFISIEN KORELASI 2-D BERBASIS DISCRETE COSINE TRANSFORM (DCT) DAN K-NEAREST NEIGHBOR (K-NN)

MUHAMMAD WAHYU SETIAWAN

Informasi Dasar

19.04.986
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Penelitian tentang metode pencarian judul lagu dengan input suara senandung manusia atau humming membutuhkan chorus dari sebuah lagu untuk mendapatkan pola nada yang unik dari sebuah lagu. Proses pemisahan chorus masih dilakukan secara manual sehingga membutuhkan waktu yang lama. Masalah tersebut menjadi latar belakang diperlukan sebuah metode untuk menentukan posisi chorus dan memisahkannya secara otomatis dengan memanfaatkan pengolahan sinyal audio.

Pada penelitian ini, penulis merancang metode penentuan posisi chorus dengan menggunakan nilai Koefisien Korelasi 2-Dimensi (KK2-D) dan menambahkan proses klasifikasi K-Nearest Neighbor (K-NN). Proses pertama adalah input file audio, selanjutnya preprocessing, framing, windowing, transformasi Discrete Co- sine Transform (DCT), perhitungan KK2-D, dan klasifikasi K-NN. Pada penelitian ini, data yang digunakan sebnayak 25 data lagu yang terdiri dari 5 genre.

Pengujian yang dilakukan adalah menganalisis pengaruh ukuran frame, pen- garuh jenis window, nilai K dari K-NN, dan jenis jarak dari K-NN. Hasil akurasi rata-rata dari 25 data lagu adalah 95% dengan parameter terbaik terdiri dari ukuran frame 1 detik, jenis window rectangular, nilai K sebesar 5, dan jarak cosine. Waktu rata-rata proses untuk satu lagu adalah 0,112 detik.

Kata Kunci: Audio signal, chorus, song, Discrete Cosine Transform (DCT).

Subjek

TELECOMMUNICATIONS ENGINEERING
 

Katalog

PEMISAHAN CHORUS PADA MUSIK MP3 MENGGUNAKAN KOEFISIEN KORELASI 2-D BERBASIS DISCRETE COSINE TRANSFORM (DCT) DAN K-NEAREST NEIGHBOR (K-NN)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD WAHYU SETIAWAN
Perorangan
setiawanwahyu, Apraz Ramatryana
 

Penerbit

Universitas Telkom, Fakultas Teknik Elektro
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini