Analisis Performansi Teknik Orthogonal Pilot Sequences (OPS) dan Simple Amplitude Predistortion (SAP) untuk Mereduksi Peak to Average Power Ratio (PAPR) pada OFDM

RIFKI FAUZI NURZAMAN

Informasi Dasar

19.04.846
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Dewasa ini sistem komunikasi yang cepat dan mempunyai bandwidth yang lebar sudah menjadi suatu kebutuhan. Untuk mengakomodasi sistem komunikasi yang memiliki kecepatan tinggi salah satu solusi adalah modulasi dengan multicarrier. Tetapi modulasi multicarrier konvensional memiliki kelemahan pada alokasi bandwidth yang boros karena diperlukannya guardband pada domain frekuensinya.


OFDM merupakan teknik modulasi multicarrier yang memiliki kemampuan dalam melakukan transmisi dengan kecepatan yang tinggi serta efisien dalam penggunaan spektrum frekuensi atau bandwidth. Prinsip kerja OFDM adalah membagi data kecepatan tinggi ke dalam beberapa data berkecepatan rendah dengan cara dimodulasi dengan subcarrier orthogonal. Walaupun begitu, salah satu kelemahan besar sistem OFDM yang jika tidak diaplikasikannya High Power Amplifier (HPA) dengan dynamic range yang tinggi adalah tingginya Peak to Average Power Ratio (PAPR), yang akan menyebabkan in-band distortion dan out-of-band radiation.

Tugas Akhir ini menganalisis teknik kombinasi serial Orthogonal Pilot Sequences (OPS) – Simple Amplitude Predistortion (SAP). Pada teknik OPS-SAP, reduksi PAPR dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama yaitu tahap OPS, ditempatkan setelah proses Inverse Fast Fourier Transform (IFFT) dengan data ditambahkan pilot simbol pada domain waktu yang orthogonal. Pada tahap kedua yaitu SAP dilakukan setelah tahap OPS yang dimana jika nilai PAPR masih tinggi akan diproses dengan metric calculation dan samples update untuk meminimalkan PAPR. Teknik di atas dipilih karena teknik OPS memiliki keunggulan dalam mengurangi kompleksifitas sistem serta memungkinkannya Blind Detection pada receiver dan pada teknik SAP memiliki keunggulan dalam mereduksi PAPR tanpa mangirim Side Information ke penerima. Diharapkan dengan pengkombinasian kedua teknik tersebut terjadi perbaikan nilai PAPR.


Hasil dari simulasi pada tugas akhir ini adalah teknik yang mempunyai nilai perbaikan performansi PAPR sebesar 1,4 dB pada Teknik OPS M=8 pada probabilitas 2,564x10-5, 1 dB pada Teknik SAP pada probabilitas 1,2x10-2, dan 2,4 dB pada kombinasi pada probabilitas 4x10-4 OPS-SAP pada QAM 128 Subcarrier dibandingkan dengan OFDM konvensional.

Kata Kunci: OFDM, PAPR, OPS, SAP

Subjek

Skripsi
 

Katalog

Analisis Performansi Teknik Orthogonal Pilot Sequences (OPS) dan Simple Amplitude Predistortion (SAP) untuk Mereduksi Peak to Average Power Ratio (PAPR) pada OFDM
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RIFKI FAUZI NURZAMAN
Perorangan
Arfianto Fahmi, Desti Madya Saputri
 

Penerbit

Universitas Telkom, Fakultas Teknik Elektro
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • TTH4H3 - KOMUNIKASI NIRKABEL PITA LEBAR
  • TE3113 - SISTEM KOMUNIKASI I
  • TE3223 - SISTEM KOMUNIKASI II
  • FEG4C4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini