ANALISA DAN OPTIMASI BAD COVERAGE PADA JARINGAN 4G LTE 1800 MHZ (STUDI KASUS DAERAH PENGAMATAN TANJAKAN MAUK TANGERANG SELATAN)

MUHAMMAD HAFIDH

Informasi Dasar

19.04.839
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimasikan jaringan 4G (LTE) di daerah Tanjakan Mauk kawasan Tangerang Selatan dengan menganalisa parameter-parameter KPI pada jaringan tersebut. Penelitian difokuskan untuk meningkatkan kualitas dan daya level signal pada user agar lebih bagus dan sesuai dengan standar KPI, karena kebutuhan yang agar kualitas sinyal yang baik. Secara praktisnya banyak hal-hal yan menyebabkan kualitas sinyal memburuk, salah satunya Bad coverage antar cell yang menyebabkan coverage area tidak maksimal sehingga mengakibatkan pelayanan terhadap pelanggan berkurang. Kondisi bad coverage bisa terjadi diantaranya karena antenna tilt, daya pancar yang terlalu besar pada suatu cell, pengarahan antenna yang kurang tepat, setting antenam overshoot serta pengaturan cell utama dan cell neighbor yang mengcover pada kawasan tersebut. Pada penelitian ini, dilakukan pengukuran kualitas jaringan LTE dengan menggunakan metode drive test. Pengukuran ini dilakukan dengan menggunakan software GENEX Probe. Area yang di tinjau pada penelitian ini yaitu di kawasan Tanjakan Mauk. Untuk menganalisis hasil drive test ini menggunakan GENEX Assistant VR300R014, lalu untuk simulasi menggunakan Atoll dalam melakukan simulasi perencanaan optimasinya. Performasi pada kondisi eksisting menglalami peningkatan setelah dilakukan proses optimasi. Dari yang awalnya persentase nilai persebaran RSRP 71,8% menigkat menjadi 92,77% untuk nilai threshold di -100 dB, untuk nilai RSRQ dengan threshold RSRQ diatas -15 dB 85% telah berubah yang sebelumnya 66,23% menjadi 96,05% untuk nilai threshold, sedangkan pada nilai SINR juga mengalami peningkatan dari 91,45% meningkat menjadi 94,93% dengan target KPI yang ditentukan adalah minimal 90% parameter SINR berada diatas 0 dB. Berdaskan Parameter yang ditinjau dalam penelitian ini dapat memenuhi target KPI, menunjukkan bahwa proses optimasi yang dilakukan berhasil mengatasi permasalahan Bad Coverage yang dialami pada studi kasus tugas akhir ini. Kata kunci : LTE, Bad Coverage, Drive Test, RSRP, SINR, RSRQ

Subjek

Telecommunication - engineering
 

Katalog

ANALISA DAN OPTIMASI BAD COVERAGE PADA JARINGAN 4G LTE 1800 MHZ (STUDI KASUS DAERAH PENGAMATAN TANJAKAN MAUK TANGERANG SELATAN)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD HAFIDH
Perorangan
UKE KURNIAWAN USMAN, HURIANTI VIDYANINGTYAS
 

Penerbit

Universitas Telkom, Fakultas Teknik Elektro
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • FEG2E3 - JARINGAN TELEKOMUNIKASI DAN INFORMASI
  • HUG1K3 - PENGENALAN TEKNIK TELEKOMUNIKASI
  • TTH4A3 - SISTEM KOMUNIKASI NIRKABEL

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini