ANALISIS PENGARUH SKALA USAHA, UMUR PERUSAHAAN, DAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN TERHADAP PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI ( Survei pada UMKM Unggulan Kabupaten Blora 2018 )

DONNA MAULITA INTAN FINISHIA

Informasi Dasar

19.04.821
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK Penggunaan informasi akuntansi pada sebuah UMKM sangat penting dalam kegiatan usahanya, karena dengan memanfaatkan informasi akuntansi UMKM akan mengetahui kelangsungan usahanya, seperti perbaikan dan perencanaan kinerja usaha ataupun pengambilan keputusan manajerial lainnya. Salah satu faktor utama yang menimbulkan permasalahan dan mengakibatkan kegagalan UMKM dalam mengembangkan usaha adalah kurangnya kemampuan dalam menggunakan informasi akuntansi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari variabel independen (X) skala usaha, umur perusahaan dan latar belakang pendidikan terhadap variabel dependen (Y) penggunaan informasi akuntansi baik secara simultan dan parsial yang diharapkan dapat memberikan bukti empiris tentang penggunaan informasi akuntansi pada UMKM unggulan di Kabupaten Blora, yang dibina oleh Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM (Dindagkop) Kabupaten Blora. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 18 responden dengan populasi 24 UMKM dengan menggunakan sampel jenuh dan pengambilan sampel metode purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan aplikasi spss ver.23.00. Berdasarkan hasil pengujian deskriptif pada UMKM di kabupaten Blora menunjukkan bahwa tingkat penggunaan informasi akuntansinya sudah baik, kemudian untuk skala usaha UMKM di dominasi oleh UMKM pada skala mikro, umur perusahaan masih tergolong perusahaan yang bertahan cukup lama, selanjutnya latar belakang pendidikan pemilik di dominasi oleh responden dengan latar pendidikan non akuntansi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel independen yaitu skala usaha, umur perusahaan, dan latar belakang pendidikan pemilik berpengaruh signifikan terhadap variabel penggunaan informasi akuntansi, sedangkan secara parsial variabel skala usaha dan latar belakang pendidikan berpengaruh positif terhadap variabel penggunaan informasi akuntansi, sedangkan untuk variabel independen umur perusahaan tidak memiliki pengaruh secara parsial terhadap variabel penggunaan informasi akuntansi.

Kata Kunci: UMKM, Skala Usaha, Umur Perusahaan, Latar Belakang Pendidikan Pemilik UMKM, dan Penggunaan Informasi Akuntansi

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

ANALISIS PENGARUH SKALA USAHA, UMUR PERUSAHAAN, DAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN TERHADAP PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI ( Survei pada UMKM Unggulan Kabupaten Blora 2018 )
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DONNA MAULITA INTAN FINISHIA
Perorangan
LENY SUZAN
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini