Metode Bermain Peran Inklusif Gender pada Anak Usia Dini

Rina Roudhotul Jannah, Sukiman

Informasi Dasar

19.01.298
649.7
Buku - Circulation (Dapat Dipinjam)
14 A

Pengenalan wawasan inklusif gender pada anak usia dini memerlukan banyak keterlibatan dan renovasi komponen dalam lembaga PAUD untuk menciptakan PAUD berkesetaraan salah satunya adalah pengembangan dalam metode pembelajaran yang menjadi sebuah proses pemberian nilai-nilai inklusif gender pada anak.

Pembelajaran menggunakan metode bermain peran menjadi metode yang efektif untuk mengenalkan keadaan sosial kehidupan nyata inklusif gender melalui peran-peran yang dimainkan pada anak-anak. Dalam hal ini pengembangan metode bermain peran melingkupi ruang lingkup di antaranya pengembangan pada wawasan pendidik sebagai centre pada PAUD, alat permainan, materi dan refleksi internalisasi nilai-nilai inklusif gender pada pendidik anak-anak.

Penulisan buku metode bermain peran inklusif gender pada anak usia dini, memiliki tujuan sebagai berikut: 1) Aspek Nilai-Nilai Inklusif Gender, bertujuan untuk memberikan wawasan nilai-nilai inklusif gender pada pendidik dan anak didik. 2) Aspek Tumbuh Kembang Anak, bertujuan untuk: a) pengenalan nilai-nilai inklusif gender sesuai dengan usia anak 5-6 tahun, b) penemuan passion anak sesuai bakat dan minat baik laki-laki maupun perempuan sebagai bekal pengembangan diri, dan c)penemuan hobi dan kesukaan anak-anak baik laki-laki maupun perempuan sebagai bekal pengembangan diri. 3) Aspek Sosial Emosional Anak, bertujuan untuk: a) meningkatkan rasa percaya diri, b) meningkatkan toleransi pada sesama, dan c) meningkatkan kemampuan bersosialisasi.

Buku ini terdiri dari empat bab. Bab pertama membahas tentang problem pembelajaran bermain peran inklusif gender pada anak usia dini. Bab kedua membahas tentang pembelajaran konstruktif pada anak usia dini. Bab ketiga membahas mengenai metode bermain peran inklusif gender pada anak usia dini. Bab keempat membahas tentang langkah pengembangan metode bermain peran inklusif gender pada anak usia dini.

Subjek

EDUCATION
 

Katalog

Metode Bermain Peran Inklusif Gender pada Anak Usia Dini
97860255685398
x, 200p.: ill.; 23cm.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Ya

Pengarang

Rina Roudhotul Jannah, Sukiman
Perorangan
 
 

Penerbit

Gava Media
Yogyakarta
2018

Koleksi

Kompetensi

  • KII3G3 - GENDER, FEMINISME, DAN MEDIA

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini