Masyarakat Multikultural: Masa Depan Kearifan Lokal Indonesia (Proceeding Seminar Nasional 2015 : Peran Strategis Seni dan Budaya Dalam Membangun Kota Kreatif)

Soni Sadono, Dedi Kurnia Syah Putra

Informasi Dasar

19.24.007
303.48
E-Article
7a

Satu di antara banyak hal, yang terus menerus menjadi kebanggaan bangsa ini, adalah keberagaman budaya. Jika dapat dikatakan ada Negara di dalam Negara, Indonesia adalah representasinya. Keragaman budaya, cultural diversity, atau dalam istilah lain juga disebut multicultural, adalah keniscayaan komunitas manusia penghuni bumi. Keberagaman budaya, menandakan adanya dinamika kemanusiaan yang stabil, saling melengkapi ketiadaan wama kehidupan, sehingga hannoni interaksi antar manusia yang berbeda, menjadi keseragaman wama. Keberagaman di Indonesia tidak terns menerus dalam hal budaya, lebih daripada itu, termasuk agama, juga keyakinan-keyak:inan transcendental. Melinglrupi kehidupan manusia, tata cara, pola pikir, kebiasaan, dan praktik-praktik interaktif antar anggota masyarakat. Dewasa ini, berkaitan dengan kemultian budaya mengarah pada kesalahan tafsir atas perbedaan itu. Sehingga, seringkali konflik mengemuka sebagai reaksi keberagaman yang tidak dipahami sebagai kemajemukan, juga keharmonisan. Komunikasi kultural (communiculture), merupakan solusi untuk harmoni dalam menjaga keberagaman. Dengan sudut pandang konstruktifisme, tulisan ini memaknai keberagaman sebagai realitas dinamis kebudayaan Indonesia melalui Masyarakat Budaya Samin dan Badui. Teori yang memperkaya bahasan ini adalah sectarian communitarianism. Di mana teori tersebut meyakini bahwa kesetiaan pada kultur lokal membantu kelompok budaya untuk mempertahankan kearifannya.

Kata Kunci: Komunikasi Kultural, Keberagaman Indonesia, Sectarian Communitarianisme.

Subjek

SOCIAL CHANGE
 

Katalog

Masyarakat Multikultural: Masa Depan Kearifan Lokal Indonesia (Proceeding Seminar Nasional 2015 : Peran Strategis Seni dan Budaya Dalam Membangun Kota Kreatif)
978-602-146-715-2
16p.: pdf file.; 8,54 MB
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Soni Sadono, Dedi Kurnia Syah Putra
Perorangan
 
 

Penerbit

Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra: Universitas Negeri Malang
Malang
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini