DESAIN DAN SIMULASI PEMBANGKIT SINYAL FMCW CHIRP PADA SYNTHETIC APERTURE RADAR BERBASIS MODULE DDS

GEATRA MAHARYA AGNI

Informasi Dasar

19.04.516
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Synthetic Aperture Radar (SAR) merupakan salah satu jenis radar yang digunakan untuk berbagai macam aplikasi penginderaan jarak jauh dengan keluarannya berupa citra atau gambar. Pada dasarnya, SAR mengirimkan sinyal kepada suatu objek dan dipantulkan kembali untuk kemudian sinyal pa¬ntulan tersebut diprose. Sinyal yang dikirimkan oleh SAR¬¬ tersebut adalah berupa sinyal chirp. Sistem radar FMCW merupakan teknologi radar yang menghasilkan range frekuensi tertentu dengan energi pengiriman rendah, selain biaya perancangannya juga rendah.

Dalam tugas akhir ini, dilakukan suatu pengembangan perancangan dan implementasi untuk pembangkit sinyal FMCW dengan module DDS untuk aplikasi. Perancangan dilakukan dengan spesifikasi frekuensi sampling sebesar 125 MHz, yang disesuaikan dengan module DDS yang digunakan yaitu module DDS AD9850, up-chirp sebesar 20 MHz dan down-chirp sebesar 10 MHz, dan bentuk sinyal FMCW segitiga. Besarnya up-chirp dan down-chirp memenuhi kriteria theorem Nyquist, yaitu tidak lebih dari setengah dari frekuensi maksimum 125 MHz sebesar 62,5 MHz.

Dari hasil pengamatan dari hasil keluaran pada software setelah dilakukan pengodean dari formula-formula yang digunakan pada perancangan simulasi, bentukan fasa yang didapatkan dan dapat diamati dalam simulasi tidak berbentuk sempurna dan masih kurang dari yang diharapkan, dan hasil yang didapatkan pada simulasi di frekuensi terendah sebesar 10 MHz sedangkan di frekuensi tertinggi didapatkan sebesar 50 MHz.

Subjek

SIGNAL PROCESSING DIGITAL TECHNIQUES
 

Katalog

DESAIN DAN SIMULASI PEMBANGKIT SINYAL FMCW CHIRP PADA SYNTHETIC APERTURE RADAR BERBASIS MODULE DDS
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GEATRA MAHARYA AGNI
Perorangan
HEROE WIJANTO, EDWAR
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • TT3113 - PENGOLAHAN SINYAL DIGITAL
  • FEG2A3 - TEKNIK DIGITAL

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini