COMPRESSIVE SENSING PADA AUDIO WATERMARKING MENGGUNAKAN DUAL TREE-COMPLEX WAVELET TRANSFORM (DT-CWT) DENGAN SINGULAR VALUE DECOMPOSITION (SVD)

FAISAL KAMIL PERDANA

Informasi Dasar

19.04.514
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Audio Watermarking adalah sebuah teknik menyisipkan informasi ke dalam suatu sinyal audio tanpa merubah ataupun merusak bentuk asal dari host audionya. Teknik watermarking biasanya digunakan untuk melindungi hak intelektual suatu karya berupa lagu, rekaman rahasia dan lainnya supaya terhindar dari pembajakan, perusakan dan sebagainya oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Teknik audio watermarking sendiri mempunyai dua tahap yaitu embedding dan extracting. Sinyal audio yang sudah diekstrak harus tahan terhadap beberapa attack seperti noise, fltering, compression, modification dan speed change. Pada peneletian ini, akan digunakan skema dengan metode utama Dual-Tree Complex Wavelet Transform (DT-CWT), Singular Value Decomposition (SVD) dan Compressive Sensing (CS) untuk mendapatkan suatu robustness yang baik berdasarkan parameter penilaian seperti PSNR, BER, ODG dan MOS. DT-CWT merupakan teknik penyempurnaan dari DWT. Cara kerja DT-CWT adalah dengan melakukan dekomposisi pada citra yang menghasilkan rentang frekuensi yang berbeda. SVD bekerja dengan cara mengekspos struktur geometrinya, sehingga dapat diketahui beberapa properti penting dari matriks tersebut. Sedangkan tujuan CS adalah untuk mendapatkan sebuah sparsity dari sebuah sinyal dan merekonstruksi sinyal asli melalui sebuah algoritma rekonstruksi. Diharapkan pada penelitian ini kualitas dari audio host bisa tahan terhadap berbagai noise yang diberikan. Hasil yang diperoleh dari tugas akhir ini adalah sebuah sistem audio watermarking yang memiliki tingkat robustness dan imperceptibility yang baik dengan nilai rata-rata setelah serangan pada parameter MSE = 0,1188 lalu BER = 0,2068 serta rata-rata SNR ? 20 dB.

Subjek

SIGNAL PROCESSING DIGITAL TECHNIQUES
 

Katalog

COMPRESSIVE SENSING PADA AUDIO WATERMARKING MENGGUNAKAN DUAL TREE-COMPLEX WAVELET TRANSFORM (DT-CWT) DENGAN SINGULAR VALUE DECOMPOSITION (SVD)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FAISAL KAMIL PERDANA
Perorangan
LEDYA NOVAMIZANTI, IRMA SAFITRI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini