ALGORITMA PENENTUAN POSISI REFF LAGU BERDASARKAN KORELASI FRAME DENGAN CIRI DISCRETE COSINE TRANSFORM (DCT) DAN DISCRETE WAVELET TRANSFORM (DWT)

ANDRE NICO YOSEPHIN

Informasi Dasar

19.04.512
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Analisis dan simulasi judul lagu yang berdasarkan senandung manusia telah dilakukan pada penelitian-penelitian sebelumnya. Kelemahan pada penelitian tersebut adalah masih digunakan cara manual dalam penambahan database terhadap komponen Chorus/Reffrain, dengan menyortir manual semua komponen dalam mendapatkan Chorus/Reffrain membuat prosesnya lebih lama. Oleh karena itu, pada tugas akhir ini dirancang suatu sistem untuk menambahkan database secara otomatis yang mempunyai syarat dimana harus diketahuinya posisi pada Chorus/Reffrain pertama pada bagian lagu tersebut, dengan menggunakan DWT dan DCT diharapkan sistem menghasilkan akurasi yang tinggi dengan waktu komputasi yang singkat. Sistem yang akan dirancang menggunakan masukan berupa lagu yang utuh dan kemudian ditentukan pada Chorus/Reffrain pertamanya, dan selanjutnya akan dilakukan ekstraksi ciri menggunakan metode Discrete Cosine Transform (DCT), yang di mana pada penggunaan DCT sendiri dipilih karena dapat memampatkan suatu sinyal menjadi lebih kecil. Penggunaan Discrete Wavelet Transform (DWT) berfungsi untuk mengekstraksi Watermark yang telah disematkan pada suatu sinyal, sehingga akan didapatkan suatu sinyal yang asli dalam proses tersebut, kemudian dilakukan pencocokan kesamaan pola pada bagian lagu Chorus/Reffrain pertama dengan menggunakan metode korelasi otomatis guna mendapatkan bagian Chrous/Reffrain yang kedua dan ketiga yang sesuai. Penelitian ini, berfungsi untuk membuat aplikasi yang mampu mensortir Chorus/Reffrain lagu dalam hitungan detik dengan tingkat keakurasian yang tinggi, Hasil dari penelitian secara garis besar yaitu pada lagu Pop memiliki waktu komputasi berdurasi (10,81) detik, EDM berdurasi (9,26) detik Funk berdurasi (11,48) detik, Rock berdurasi (11,73) detik, Hip-Hop berdurasi (11,70) detik, dengan akurasi pada frekuensi 1000ms yaitu Pop dapat mendeteksi lagu benar sebesar 100%, EDM 100%, Funk 90%, Rock 100% dan 100% pada Hip-Hop. Kata kunci : Chorus/Reffrain, Discrete Cosine Transform (DCT), Discrete Wavelet Transform (DWT), Pemisahan Lagu

Subjek

SIGNAL PROCESSING ALGORTITHMS
 

Katalog

ALGORITMA PENENTUAN POSISI REFF LAGU BERDASARKAN KORELASI FRAME DENGAN CIRI DISCRETE COSINE TRANSFORM (DCT) DAN DISCRETE WAVELET TRANSFORM (DWT)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANDRE NICO YOSEPHIN
Perorangan
KOREDIANTO USMAN, I NYOMAN APRAZ RAMATRYANA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini