IMPLEMENTASI ALGORITMA K-MEANS UNTUK PENGELOMPOKAN DAERAH PRODUKTIVITAS PADI YANG OPTIMAL DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

INDRAWAN RISANGAJI

Informasi Dasar

19.04.413
005.36
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Berdasarkan data hasil produksi pangan di Badan Pusat Statisik Provinsi Daeah Istimewa Yogyakarta menampilkan beberapa daerah dengan hasil produksi padi yang bervariasi jumlahnya. Pengelompokan daerah potensial penghasil padi sangatlah diperlukan untuk mengetahui daerah mana saja yang menghasilkan padi dengan jumlah banyak ataupun sedikit. Pembagian hasil produksi biasanya dilakukan berdasarkan nama kabupaten penghasil padi di DI Yogyakarta. Oleh karena itu, dibutuhkan metode untuk memudahkan dalam pengelompokan daerah penghasil padi.
Pendekatan pengklasteran K-means mampu untuk pembagian kelompok daerah dapat dilakukan berdasarkan luas panen (Ha), produksi (ton) dan tahun panen. Pada penelitian ini dilakukan pengklasteran daerah potensial penghasil padi menggunakan pengklusteran K-means.
Tujuan penggunakan K-means adalah memudahkan pengelompokan suatu daerah dengan melihat hasil produktivitasnya. Selain mengelompokan hasil produktivitas padi tujuannya adalah mendapatkan informasi nilai produktivitas panen padi pada suatu daerah dengan tahun tertuntu yang akan dikaitkan dengan variabel lain untuk dianalaisis. Hasilnya adalah sebuah gambaran yang menunjukan data  pengelompokan daerah berdasarkan hasil poduksi pangan padi dan digunakan sebagai acuan untuk meningkatkan hasil produksi padi di tiap kabupaten di DI Yogyakarta.

Kata kunci : Pengelompokan, Data mining, Kluster, K-means

Subjek

SISTEM INFORMASI
 

Katalog

IMPLEMENTASI ALGORITMA K-MEANS UNTUK PENGELOMPOKAN DAERAH PRODUKTIVITAS PADI YANG OPTIMAL DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

INDRAWAN RISANGAJI
Perorangan
MUHAMMAD NASRUN, ANGGUNMEKA LUHUR P
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Komputer
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • FEG4C4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini