ANALISIS KORELASI DAN EVALUASI IMPLEMENTASI ENTERPRISE RESOURCE PLANNING (ERP) PADA PT PINDAD (PERSERO) MENGGUNAKAN MODEL KESUKSESAN SISTEM INFORMASI

ILHAM RAMADHAN

Informasi Dasar

19.04.344
005.372
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT. PINDAD (PERSERO) Bandung merupakan usaha Komandan TNI – AD yang bergerak dalam bidang instansi industri. Komandan Perindustrian Angkatan Darat (KOPINDAD) memiliki fungsi untuk memproduksi senjata dan amunisi untuk kebutuhan Angkatan Darat khususnya dan ABRI pada umumnya. PT. Pindad (Persero) sudah mengimplementasikan ERP pada proses bisnis mereka sejak tahun 2012. Software yang digunakan dalam sistem proses bisnisnya adalah SAP (System Application and Product in data processing). Permasalahan yang selama ini sering kali dihadapi oleh PT Pindad yaitu terjadinya kesalahan dalam penginputan data yang tidak sesuai dengan jumlah barang yang ada di lapangan. Masalah tersebut bisa terjadi karena dua faktor yaitu kurang baiknya pelayanan yang diberikan oleh fungsional SAP atau Human Error seperti daya tanggap pengguna dalam memahami materi yang diberikan dan ketidaktelitian pengguna dalam penginputan data.

Perlu dilakukannya evaluasi ini agar PT Pindad dapat mengetahui penyebab terjadinya perbedaan input data barang di sistem ERP SAP dengan yang ada dilapangan sehingga peneliti bisa memberikan saran untuk penyelesaian masalah tersebut. Model yang digunakan dalam evaluasi ini adalah model kesuksesan sistem informasi DeLone and McLean. Hasil evaluasi ini berupa hipotesis yang dapat mengetahui apakah berhasil implementasi SAP pada PT Pindad dan juga mengetahui apakah kesalahan input data terjadi karena kurang baiknya pelayanan yang diberikan oleh fungsional SAP atau human error sehingga peneliti dapat memberikan saran untuk PT Pindad (Persero).

Variabel independen tidak berpengaruh signifikan terhadap intention to use. Hal tersebut dikarenakan masih kurang baiknya variabel tersebut dalam memberikan output atau pelayanan kepada pengguna. Namun dari hasil evaluasi tersebut secara keseluruhan implementasi sistem ERP SAP pada PT Pindad (Persero) sudah berhasil. Keberhasilan tersebut dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh faktor information quality, system quality, service quality, intention to use, user satisfaction, dan net benefits.

Kata kunci : PT Pindad (Persero), Enterprise Resource Planning (ERP), DeLone and McLean

Subjek

ENTERPRISE RESOURCE PLANNING
 

Katalog

ANALISIS KORELASI DAN EVALUASI IMPLEMENTASI ENTERPRISE RESOURCE PLANNING (ERP) PADA PT PINDAD (PERSERO) MENGGUNAKAN MODEL KESUKSESAN SISTEM INFORMASI
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ILHAM RAMADHAN
Perorangan
WARIH PUSPITASARI, ANIK HANIFATUL AZIZAH
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • ISH4T3 - ADOPSI ERP DAN MANAJEMEN PERUBAHAN
  • ISH4A2 - METODE PENELITIAN DAN PENYUSUNAN KARYA ILMIAH
  • MUG2D3 - PROBABILITAS DAN STATISTIK
  • IEG2E3 - STATISTIKA INDUSTRI
  • ISH4G4 - TUGAS AKHIR
  • ISI4C2 - METODE PENELITIAN DAN PENYUSUNAN KARYA ILMIAH
  • III4A4 - TUGAS AKHIR
  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini