Jembatan Jaringan I2C Nirkabel berbasis AVR dan nRF24L01+

MUSA ABDUL AZIZ

Informasi Dasar

19.04.322
621.38
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Saat ini, terdapat berbagai jenis IC yang mendukung komunikasi inter-integrated circuit bus (I2C-bus atau I2C). Bersamaan dengan hal itu, kegunaan I2C meluas higga dapat digunakan untuk jaringan sensor, aktuator, maupun jaringan kendali. Namun sayangnya, hingga saat ini I2C belum memiliki solusi praktis yang mampu menghubungkan jaringannya secara nirkabel.

Tugas akhir ini membuat jembatan jaringan I2C nirkabel sebagai solusi praktis yang mampu menghubungkan dua jaringan I2C secara nirkabel. Jembatan jaringan tersebut menggunakan AVR sebagai kontroler dan nRF24L01+ sebagai transceiver nirkabelnya. Target spesifikasi jembatan jaringan yang dibuat yaitu packet loss dibawah 0.1%, BER dibawah 10-6, dan kecepatan komunikasi hingga 1000Bps.

Hasil dari pengujian menunjukkan bahwa jembatan jaringan yang dibuat mampu menghubungkan dua jaringan I2C dengan pengalamatan 7-bit dan kecepatan clock 100kHz secara nirkabel menggunakan alur protokol komunikasi yang dibuat. Besar packet loss dan BER tidak selalu berbanding lurus dengan jarak sedangkan kecepatan komunikasi tidak selalu berbanding terbalik dengan jarak. Pada komunikasi pengiriman data, sistem mencapai target packet loss dan BER hanya pada jarak 5 meter. Pada komunikasi penerimaan data, sistem mampu mencapai kedua target tersebut hingga jarak 75 meter. Kecepatan komunikasi dengan panjang data 1 byte tidak mampu mencapai target. Kecepatan rata-rata pengiriman dan penerimaan data yaitu 688,8Bps dan 753,5Bps. Diperkirakan kecepatan mampu melebihi target jika komunikasi dilakukan dengan panjang data 4 byte atau lebih.

Subjek

Digital electronic-communication engineering
 

Katalog

Jembatan Jaringan I2C Nirkabel berbasis AVR dan nRF24L01+
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUSA ABDUL AZIZ
Perorangan
FIKY YOSEF SURATMAN, JONARTHO HALOMOAN
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • ETH3B3 - ANTARMUKA DAN INTEGRASI SISTEM
  • FEG2G3 - JARINGAN KOMUNIKASI DATA
  • ELG3D3 - MIKROKONTROLLER

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini