Network Coding Berbasis Luby Transform Codes Untuk Jaringan Super Padat Tanpa Feedback

HARIO PRAKOSO

Informasi Dasar

19.04.221
384.545 5
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Tugas Akhir ini mengusulkan skema network coding berbasis Luby Transform (LT) codes untuk jaringan super padat wireless Internet-of-Things (IoT) yang memiliki jumlah node dan paket yang sangat besar. Ide dari penelitian ini muncul didasari oleh perlunya retransmisi atas paket yang hilang atau eror pada jaringan saat ini yang berpotensi menimbulkan masalah di masa depan jika jumlah device sangat banyak. Jaringan berbasis LT codes yang diusulkan pada Tugas Akhir ini tidak memerlukan retransmisi untuk paket yang hilang, karena informasi sebuah paket secara tidak langsung juga berada pada paket yang lain tergantung pada struktur jaringan yang dilalui.

LT codes sebagai network coding, selanjutnya disebut LT-like network coding (LTL-NC) pada Tugas Akhir ini, dipilih karena sifat LT codes yang memiliki kompleksitas rendah serta kemampuannya yang baik untuk men-decode paket yang datang secara acak dengan kompleksitas rendah pula. Kompleksitas yang rendah ini dikarenakan LT codes beroperasi hanya dengan menggunakan eXclusive OR (XOR) untuk melakukan encoding maupun decoding. Sebagai tambahan, LT codes juga merupakan error correction coding, sehingga saat digunakan sebagai network coding struktur jaringan akan mempunyai kemampuan error correction atas paket yang diterima pada destination. Inilah yang membedakan antara jaringan dengan dan tanpa LTL-NC.

Performansi yang diusulkan dari Tugas Akhir ini dievaluasi pada dua kanal yang berbeda, yaitu kanal Rayleigh Fading dan Binary Erasure Channel (BEC). Evaluasi juga dilakukan pada dua topologi jaringan yang berbeda jumlah dan susunan node-nya yang disebut topology jaringan sederhana dan topology jaringan kompleks. Hasil Tugas Akhir ini menunjukkan bahwa LTL-NC lebih baik daripada transfer control protocol/internet protocol (TCP/IP) yang dikonfirmasi performansi packet loss rate (PLR), throughput, dan kurva extrinsic information transfer (EXIT) charts yang baik. Hasil dalam Tugas Akhir ini diharapkan dapat menjadi rujukan bagi pengembangan jaringan masa depan.

Subjek

WIRELESS - COMMUNICATIONS NETWORKS
 

Katalog

Network Coding Berbasis Luby Transform Codes Untuk Jaringan Super Padat Tanpa Feedback
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HARIO PRAKOSO
Perorangan
KHOIRUL ANWAR, I NYOMAN APRAZ
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • TTG4H3 - JARINGAN MASA DEPAN DAN LTE
  • TTH3A4 - SISTEM KOMUNIKASI
  • TTG5K3 - TEORI INFORMASI DAN PENGKODEAN
  • TTI6E3 - TEORI INFORMASI DAN PENGKODEAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini