ANALISIS KOMPETENSI PERSONAL MANAJER PROYEK PADA PROYEK TEKNOLOGI INFORMASI (TI) DENGAN MENGGUNAKAN PROJECT MANAGER COMPETENCY DEVELOPMENT (PMCD) FRAMEWORK (STUDI KASUS PT SOLUSI LINTAS EVOLUSI)

SUCI DESTYANDINI

Informasi Dasar

19.04.215
658.404
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Suatu proyek dipimpin oleh manajer proyek yang memiliki peran penting dalam keberlangsungan proyek. Manajer proyek memiliki pengaruh langsung dalam keberhasilan proyek sebesar 34% hingga 47% (Frank, 2002). Aktivitas manajer proyek dalam proyek merupakan 90% berbentuk interaksi (PMI, 2017). Dalam menjalankan proyek, manajer proyek tentu berinteraksi dan bekerja sama dengan stakeholder ¬lainnya untuk mewujudkan tujuan proyek. Untuk dapat berinteraksi dengan orang lain, maka dibutuhkan kecakapan dengan kompetensi personal. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kompetensi personal yang dimiliki manajer proyek pada PT Solusi Lintas Evolusi berdasarkan PMCD® Framework.

Survei kuesioner diberikan kepada stakeholder yang terdiri dari tim proyek, manajer proyek lain, dan atasan manajer proyek untuk melakukan penilaian 360 derajat terkait kompetensi personal manajer proyek dan memberikan dokumen evidence untuk menguatkan bukti penilaian pada kuesioner. Berdasarkan PMCD® Framework, kompetensi personal yang akan dilakukan penilaian terhadap manajer proyek yaitu komunikasi, kepemimpinan, manajemen, kemampuan berpikir, efektivitas, dan profesionalisme.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajer proyek pada PT Solusi Lintas Evolusi memiliki tingkat kompetensi yang baik. Namun terdapat kesenjangan kompetensi terhadap self-assessment dengan penilaian stakeholder sehingga manajer proyek masih perlu meningkatkan lagi kompetensinya untuk mencapai harapan stakeholder untuk menjaga kinerja bersama.

Kata kunci: manajer proyek, kompetensi personal, PMCD® Framework

Subjek

PROJECT MANAGEMENT
 

Katalog

ANALISIS KOMPETENSI PERSONAL MANAJER PROYEK PADA PROYEK TEKNOLOGI INFORMASI (TI) DENGAN MENGGUNAKAN PROJECT MANAGER COMPETENCY DEVELOPMENT (PMCD) FRAMEWORK (STUDI KASUS PT SOLUSI LINTAS EVOLUSI)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SUCI DESTYANDINI
Perorangan
DEVI PRATAMI, INDRA WAHYUDIN F
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini