ANALISIS DAN IMPLEMENTASI STEGANOGRAFI PADA CITRA JPEG MENGGUNAKAN METODE LSB DAN SPREAD SPECTRUM

JORDY ARDIAN BAGASKARA

Informasi Dasar

19.04.121
006.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Informasi merupakan suatu pesan dalam bentuk ucapan atau ungkapan yang dapat terdiri dari simbol, atau makna yang dapat ditafsirkan dari pesan atau kumpulan pesan. Dalam penggunaannya terkadang terdapat informasi khusus yang hanya dapat disampaikan kepada orang lain dan tidak ingin diketahui oleh orang yang tidak diperkenankan oleh pemilik informasi tersebut.

Perkembangan Teknologi Informasi telah berkembang pesat dalam membantu aktivitas manusia. Dalam penyebarannya, informasi tersebut memiliki bermacam-maca bentuk media, seperti pesan teks, citra, audio dan video. Saat ini, media-media tersebut dapat dengan mudah dibagikan terutama melalui jalur internet. Namun tidak selamanya penggunaan internet bagi media-media tersebut dapat dikatakan aman, karena banyak terdapat pihak-pihak yang tidak memiliki wewenang atas suatu pesan dapat dengan sengaja mencuri, merusak ataupun menggangu keberadaan informasi tersebut di internet.

Steganografi merupakan suatu teknik untuk menyembunyikan suatu informasi melalui suatu media cover. Penggunaan yang umum dan dengan ukuran file yang kecil, menjadikan alasan bagi penelitian ini untuk menggunakan media Citra JPEG. Pada tugas akhir dilakukan pengimplementasian steganografi dengan menggunakan metode Least Significant Bit (LSB) dan Spread Spectrum dan melihat perubahan kualitas citra asli dan citra steganografi yang ditentukan melalui nilai MSE dan PSNR. Hasil penelitian dengan nilai rata-rata MSE sebesar 0,070835089 dan nilai PSNR sebesar 62.07931333 dB untuk penggunaan LSB. Hasil penelitian dengan nilai rata-rata MSE sebesar 0,076000524 dan nilai PSNR sebesar 62.16258 dB untuk penggunaan Spread Spectrum. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan LSB dan Spread Spectrum telah berhasil dengan memiliki nilai perubahan citra yang baik dengan nilai MSE mendekati nol dan nilai PSNR diatas 50 dB pada citra asli dan citra steganografi.

Kata Kunci: Steganografi, Citra JPEG, Least Significant Bit, Spread Spectrum

Subjek

IMAGE PROCESSING
 

Katalog

ANALISIS DAN IMPLEMENTASI STEGANOGRAFI PADA CITRA JPEG MENGGUNAKAN METODE LSB DAN SPREAD SPECTRUM
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

JORDY ARDIAN BAGASKARA
Perorangan
TITO WALUYO PURBOYO, RATNA ASTUTI N
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • CEH3D3 - KEAMANAN SISTEM KOMPUTER
  • CEH4A3 - PENGKODEAN DAN KOMPRESI DATA
  • CEH3G3 - PENGOLAHAN SINYAL DIGITAL
  • CEH4B3 - SISTEM MULTIMEDIA
  • FEH4B4 - TUGAS AKHIR
  • TKI3D3 - KEAMANAN SISTEM KOMPUTER
  • TKI3K3 - PENGOLAHAN SINYAL DIGITAL
  • TKI4H3 - SISTEM MULTIMEDIA
  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR
  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini