Aplikasi Manajemen Persediaan untuk Penerimaan dan Distribusi Pesanan Gas LPG Berbasis Web (Studi Kasus di PT. Kharisma Radja, Bandung)

MUHAMMAD MAULANA

Informasi Dasar

19.06.017
657.028 5
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Perusahaan dagang merupakan perusahaan yang aktivitas utamanya menjual produk atau barang dagangan kepada pelanggan. Namun, perusahaan dagang tidak memproduksi barangnya sendiri, melainkan membelinya dari perusahaan lain. Setelah membeli barang yang akan menjadi dagangannya, perusahaan melakukan penjualan. Penjualan dapat terjadi atas adanya pesanan yang dilakukan oleh calon pembeli. Pesanan kemudian akan didistribusikan oleh penjual untuk sampai kepada pembeli. Ada hal yang menjadi pertimbangan saat memproses pesanan, yaitu dengan jumlah persediaan yang tersisa tidak mampu memenuhi jumlah pesanan, sehingga membuat terhambatnya kegiatan memproses pesanan yang terjadi di perusahaan. Selain itu juga membuat proses pendistribusian menjadi tidak terstruktur karena tidak adanya informasi pasti kapan suatu pesanan harus di distribusikan. Berdasarkan masalah tersebut maka dibangunlah sebuah aplikasi berbasis web yang dapat melakukan pengelolaan persediaan untuk pesanan dan pendistribusian barang. Aplikasi dibangun dengan metode berorientasi objek dan pengembangan model prototipe. Aplikasi menggunakan Bahasa pemprograman PHP dan Framework Codelgniter. Fungsionalitas yang terdapat pada aplikasi ini adalah memberikan keputusan dalam mengelola persediaan untuk menentukan berapa banyak pesanan yang dapat diterima dengan jumlah ketersediaan barang dengan menentukan delay time pesanan, memberikan informasi pendistribusian barang dan memberikan informasi sisa persediaan barang. Fungsionalitas berjalan setelah dilakukan pengujian black box testing dan perbandingan perhitungan manual berhasil di implementasikan sesuai dengan luaran aplikasi.

Kata Kunci: Persediaan, Pesanan, Delay Time, Framework Codelgniter

Subjek

ACCOUNTING INFORMATION SYSTEMS
 

Katalog

Aplikasi Manajemen Persediaan untuk Penerimaan dan Distribusi Pesanan Gas LPG Berbasis Web (Studi Kasus di PT. Kharisma Radja, Bandung)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD MAULANA
Perorangan
Asti Widayanti, Monterico Adrian
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini