Implementasi Hybrid Evolutionary Firefly Algorithm (HEFA) Untuk Menentukan Penjadwalan Optimal Pada Vehicle Routing Problem (VRP)

UBASSY ABDILLAH

Informasi Dasar

19.04.029
518.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Transportasi merupakan salah satu kebutuhan bagi umat manusia yang keberadaannya sangat vital pada saat ini. Eksistensinya dapat mempengaruhi nilai perekonomian terhadap berbagai sektor industri, mulai dari industri berbasis produksi hingga masalah logistik. Meskipun terbukti dapat menyelesaikan bermacam masalah, keberadaannya pun mulai memunculkan permasalahan-permasalahan baru seperti masalah penjadwalan. Masalah Penjadwalan ini kemudian dimodelkan dalam bentuk Vehicle Routing Problem (VRP). Masalah ini pun menarik banyak solusi dalam bentuk algoritma optimasi. Sayangnya, tidak mudah dalam mencapai nilai optimum. Salah satu cara untuk mencapai optimum global adalah menggabungkan beberapa algoritma optimasi untuk memperbaiki kekurangannya. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan algoritma hybrid dari beberapa algoritma. Algoritma tersebut adalah Hybrid Evolutionary Firefly Algorithm (HEFA). Nilai efektivitas yang didapat dari penelitian ini adalah 91,741%.

Subjek

ALGORITHMS
 

Katalog

Implementasi Hybrid Evolutionary Firefly Algorithm (HEFA) Untuk Menentukan Penjadwalan Optimal Pada Vehicle Routing Problem (VRP)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

UBASSY ABDILLAH
Perorangan
Suyanto
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • CSH3L3 - PEMBELAJARAN MESIN
  • CII3C3 - PEMBELAJARAN MESIN
  • CPI3C3 - PEMBELAJARAN MESIN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini