ANALISIS PENGARUH PENGUNGKAPAN SUSTAINABILITY REPORT TERHADAP KINERJA KEUANGAN (Studi Pada Seluruh Perusahaan Non Keuangan yang Terdaftar di BEI Periode 2014-2016)

ERIKA PUTRI FADILLA

Informasi Dasar

18.04.3319
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Laporan berkelanjutan (sustainability report) berbeda dengan laporan keuangan. Selain sebagai pendukung pembangunan berkelanjutan, laporan ini diungkapkan sebagai bentuk komitmen perusahaan kepada masyarakat dan lingkungan di sekitar perusahaan berada. Salah satu manfaat dari pengungkapan sustainability report adalah dapat menjadi media informasi bagi para stakeholder internal maupun eksternal untuk menilai tanggungjawab sosial yang dilakukan perusahaan.. Global Reporting Initiative (GRI) G4 Guidelines merupakan pedoman dalam pengukuran pengungkapan sustainability report yang terdiri 91 item yang kemudian akan dihitung menggunakan Sustainability Report Disclosure Index(SRDI). Perhitungan SRDI dilakukan dengan memberikan skor 1 jika suatu item diungkapkan dan 0 jika tidak diungkapkan. Setelah dilakukan pemberian skor pada semua item,skor tersebut kemudian dijumlahkan untuk memperoleh total skor untuk setiap perusahaan. Populasi penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2016. Teknik pemilihan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dan kemudian diperoleh 7 perusahaan dalam kurun waktu tiga tahun sehingga didapat 21 unit sampel perusahaan periode 2014-2016. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh secara parsial antara Pengungkapan Sustainability Report(SRDI) terhadap Return On Assets (ROA), Current Ratio(CR), Debt to Equity Ratio(DER), dan Inventory Turnover(IT) pada seluruh perusahaan non keuangan yang terdaftar di BEI selama tahun 2014-2016. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel menggunakan Eviews 10. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Pengungkapan Sustainability Report tidak berpengaruh terhadap Return On Assets (ROA), Pengungkapan Sustainability Report berpengaruh positif signifikan terhadap Current Ratio (CR), Pengungkapan Sustainability Report berpengaruh signifikan kearah negatif terhadap Debt to Equity Ratio (DER), Pengungkapan Sustainability Report berpengaruh signifikan kearah negatif terhadap Inventory Turnover(IT). Kata Kunci: Sustainability Report, Return On Assets,Current Ratio, Debt to Equity Ratio, dan Inventory Turnover.

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

ANALISIS PENGARUH PENGUNGKAPAN SUSTAINABILITY REPORT TERHADAP KINERJA KEUANGAN (Studi Pada Seluruh Perusahaan Non Keuangan yang Terdaftar di BEI Periode 2014-2016)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ERIKA PUTRI FADILLA
Perorangan
WILLY SRI YULIANDARI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini