Indeks Kesiapan Smart Energy Kota Bandung

MELYA YOSITA

Informasi Dasar

18.05.100
658.802 598
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Tren mega city adalah suatu keadaan dimana semua kondisi baik sosial maupun demografi suatu perkotaan saling berkembang. Pada tahun 2012 hingga tahun 2016 terjadi pertumbuhan penduduk yang cukup signifikan di Kota Bandung. Jumlah ini diprediksi akan terus meningkat setiap tahunnya. Pertambahan penduduk tersebut merupakan salah satu penyebab degradasi lingkungan hidup, meningkatnya emisi karbon serta pencemaran baik air, udara dan tanah. Smart city, dengan salah satu dimensinya yaitu smart energy hadir sebagai solusi penggunaan energi secara bijak.

Penelitian ini dilakukan berdasarkan penelitian terdahulu oleh Indrawati, Syahnur dan Amani (2017) mengenai indikator dan variabel smart city Bandung. Tujuannya untuk mengetahui dan menghasilkan nilai indeks kesiapan smart energy Kota Bandung.

Penelitian ini adalah penelitian campuran (mixed method) dengan tujuan deskriptif dan eksploratif serta tipe penyelidikan etnografi. Pengumpulan data dilakukan dengan studi literatur, wawancara, observasi dan survei. Narasumber penelitian ini berdasarkan metode quadruple helix yang terdiri atas pemerintah (government), pelaku bisnis (business player), peneliti dan ahli (expert) serta masyarakat (user). Untuk menghasilkan nilai indeks penerapan smart energy Bandung, disajikan data implementasi di Bandung untuk dibandingkan dengan penerapan smart energy di Vienna sebagai data best practice.

Berdasarkan hasil pengolahan data, didapatkan nilai indeks penerapan smart energy Kota Bandung adalah 69,67. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat kesiapan smart energy Kota Bandung adalah buruk, masih terdapat banyak kekurangan, namun masih dalam batas kewajaran.

Indikator dengan nilai tertinggi yaitu “Perangkat TIK yang mendukung tata pengelolaan kota (control room atau monitoring room).” Sedangkan indikator dengan nilai terendah adalah “Tercapainya optimalisasi di sisi operasional.”

Subjek

MARKETING MANAGEMENT
 

Katalog

Indeks Kesiapan Smart Energy Kota Bandung
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MELYA YOSITA
Perorangan
INDRAWATI, HUSNI AMANI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini