Efektifitas Penggunaan Tools Network Monitoring Berbasis Cacti Untuk Planning, Operation, Maintanance dan Troubleshooting Di Regional 1 PT Telkomsel

FUAD AHMAD NASUTION

Informasi Dasar

18.05.097
658.403 8
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Telkomsel regional 1 yang terdiri dari 2 provinsi yaitu Sumatera Utara dan Aceh memiliki network element yang sangat banyak. Dengan sumber daya manusia yang berjumlah jauh lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah netrwok element maka dibutuhkan suatu sistem informasi yang handal untuk memonitor semua network element. Sistem informasi yang ada sekarang adalah system yang disediakan oleh HQ. kurang nya fitur – fitur monitoring yang disediakan oleh HQ membuat regional membuat suatu sistem informasi mandiri yaitu Cacti sebagai tools monitoring. Dalam proses pengembangan dan penggunaan Cacti selama lebih dari 1 tahun, terdapat beberapa masalah yang dialami oleh para engineer Telkomsel regional 1, yaitu terkait dengan informasi yang disajikan, akurasi data, dan lain – lain.

Penelitian ini tentang efektivitas penggunaan tools network monitoring Cacti untuk planning, operation, maintenance dan troubleshooting di Regional 1 PT Telkomsel dengan menggunakan model DeLone dan McLean (2003). Penelitian ini akan membuktikan pengaruh dari kualitas informasi, kualitas sistem, dan kualitas layanan dari Cacti terhadap variabel kepuasan pemakai. Selanjutnya penelitian ini juga akan menguji pengaruh kepuasan pemakai terhadap manfaat-manfaat bersih yang didapatkan.

Variable intention to use (intensitas penggunaan) dan use (penggunaan) pada Model Delone dan McLean (2003) dikeluarkan karena tools monitoring Cacti merupakan mandatory di Telkomsel ICT Regional 1. Jenis penelitian termasuk penelitian konklusif dengan populasi karyawan Telkomsel ICT Regional Sumbagut berjumlah 60 orang yang mempunyai akses (otorisasi) ke tools monitoring Cacti. Kuisioner dibagikan kepada seluruh populasi yang ada yaitu berjumlah 60 orang Teknik analisa data menggunakan multivariate dependen berbasis variance based matric Structural Equation Modeling (VB-SEM) dengan PLS (Partial Least Square) sebagai software yang digunakan.

Hasil penelitian menunjukkan variabel Kualitas Sistem, Kulitas Layanan memberikan pengaruh terhadap Kepuasan Pemakai sebesar 86.4%. Kepuasan Pemakai dari Cacti memberikan Pengaruh terhadap manfaat-manfaat bersih sebersar 59.9%, adapun Kualitas informasi tidak terbukti secara empiris memberikan pengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pemakai.

Subjek

INFORMATION MANAGEMENT
 

Katalog

Efektifitas Penggunaan Tools Network Monitoring Berbasis Cacti Untuk Planning, Operation, Maintanance dan Troubleshooting Di Regional 1 PT Telkomsel
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FUAD AHMAD NASUTION
Perorangan
PALTI MT. SITORUS
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini