OPTIMASI PADA SISTEM DISTRIBUSI AIR BERSIH DI WILAYAH III TELKOM UNIVERSITY DENGAN METODE CFD (COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS)

SYADZWINA SENDRA SARI

Informasi Dasar

18.04.3197
627
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Air bersih merupakan kebutuhan penting yang sering dimanfaatkan oleh manusia. Seiring dengan pertumbuhan penduduk, terjadi peningkatan kebutuhan sistem distribusi air yang efisien. Masalah yang terjadi pada sistem jaringan pipa dan pompa air seringkali menyebabkan penurunan efisiensi sistem distribusi air terlebih pada tempat umum seperti kantor, rumah susun, atau kompleks universitas. Telkom University merupakan institusi dengan angka kebutuhan air yang besar untuk mendukung aktivitas civitas Telkom University. Sehingga, dibutuhkan sistem distribusi air dengan tingkat kekurangan yang rendah. Untuk memperoleh rancangan sistem distribusi air yang diinginakan, simulasi dilakukan pada penelitian ini untuk menganalisis masalah yang ada pada pipa dan pompa seperti head loss atau kehilangan energi. Studi simulasi merupakan metode yang umum digunakan untuk menganalisis masalah terkait bidang mekanika. Salah satu metode simulasi yang digunakan untuk menganalisis permasalahan pada aliran jaringa pipa air adalah CFD (Computational Fluid Dynamics). Penelitian dilakukan dengan membuat model jaringan distribusi air pada software WaterCAD. Hasil dari simulasi dan kalkulasi analisis hidrolik perubahan pipa 65 mm (2,5 inch) menjadi 100 mm (4 inch) dan pipa 50 mm (2 inch) menjadi 75 mm (3 inch) dapat meningkatkan rata-rata debit air yang masuk ke rooftank dan menurunnya rata-rata headloss pipa.

Subjek

HYDRAULICS
 

Katalog

OPTIMASI PADA SISTEM DISTRIBUSI AIR BERSIH DI WILAYAH III TELKOM UNIVERSITY DENGAN METODE CFD (COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SYADZWINA SENDRA SARI
Perorangan
AGUS KUSNAYAT, SRI MARTINI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

  • IEH4BA3 - CAD/CAM
  • IEH4BB3 - ELEMEN MESIN
  • IEG2I2 - MEKANIKA TEKNIK
  • IEI4H3 - ELEMEN MESIN
  • IEI4F3 - CAD/CAM

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini