OPTIMASI PADA SISTEM DISTRIBUSI AIR BERSIH DI WILAYAH II UNIVERSITAS TELKOM DENGAN METODE CFD (COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS)

MUHAMMAD AUZAN FATHULLOH

Informasi Dasar

18.04.3159
658.4038
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Tersedianya air bersih merupakan salah satu hal yang penting bagi kelangsungan hidup manusia. Dalam skala global, permintaan air diperkirakan akan terus meningkat secara signifikan. Universitas Telkom merupakan salah satu instansi yang menggunakan air bersih dalam memenuhi kegiatan sehari-hari. Dalam hal ini Universitas Telkom membutuhkan proses pendistribusian air yang baik. Penggunaan pipa sebagai sarana penghantar aliran pada sistem distribusi dan pengolahan air dapat menyebabkan terjadinya kehilangan energi (Head Loss). Salah satu perubahan yang dapat mempengaruhi debit air dan headloss pada pipa yaitu memperbesar atau memperkecil diameter pipa berdasarkan kondisi lapangan yang sesuai. Metode CFD memungkinkan pengguna untuk menganalisis kecepatan hidrolik, mengevaluasi kinerja hidrolik, menghitung local losses pada sistem perpipaan, dan memprediksi variasi debit pada aliran. EPANET 2.0 merupakan salah satu software CFD yang menggambarkan simulasi hidrolis yang mengalir dalam suatu jaringan pipa. Pada penelitian kali ini perubahan terjadi pada diameter pipa eksisting, dengan keadaan awal berukuran 40 mm / 1,5inch diubah menjadi 65mm/2,5inch dan juga pipa awal yang berukuran 50 mm / 2inch diubah menjadi 65mm/2,5inch. Hal ini berpengaruh terhadap debit air dan headloss pada pipa. Salah satu contohnya adalah debit air eksisting yang berukuran 8,14 liter/detik berubah menjadi 9,18 liter/detik dan juga dengan pipa yang sama memiliki headloss existing sebesar 1,2 m menjadi ukuran 0,4 m untuk usulan. Hal ini dapat mempengaruhi efesiensi pada keseluruhan jaringan pipa air wilayah II Universitas Telkom.

Subjek

MANAGEMENT INFORMATION
 

Katalog

OPTIMASI PADA SISTEM DISTRIBUSI AIR BERSIH DI WILAYAH II UNIVERSITAS TELKOM DENGAN METODE CFD (COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD AUZAN FATHULLOH
Perorangan
AGUS KUSNAYAT, SRI MARTINI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

  • IEG2A2 - MATERIAL TEKNIK
  • IEG2I2 - MEKANIKA TEKNIK
  • ILI2K2 - MATERIAL TEKNIK

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini