Pengaruh Good Corporate Governance dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan Perbankan (Studi Pada Bank Umum Milik Negara dan Bank Umum Milik Swasta Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2016)

FIRDA HASNAH FADILAH

Informasi Dasar

18.04.2871
657.072
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pelaksanaan Good Corporate Governance (GCG) dan Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan upaya yang dapat dilakukan untuk mengatur kegiatan tanggung jawab perusahaan terhadap lingkungan dan sosialnya dan mengatur tata kelola yang baik bagi perusahaan untuk meningkatkan kinerja keuangan. Kinerja keuangan perusahaan bertujuan untuk mengukur prestasi yang dicapai oleh organisasi dalam suatu periode yang mencerminkan tingkat keberhasilan pelaksanaan kegiatannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Good Corporate Governance (GCG) dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Return On Asset (ROA) baik secara simultan maupun parsial. Obyek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Bank Umum Milik Swasta (BUMS) dan Bank Umum Milik Negara (BUMN) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2016. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh 9 perusahaan dengan waktu 4 tahun sehingga didapat 36 sampel yang diobservasi. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan Software Eviews 8.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa Good Corporate Governance (GCG) dan Corporate Social Responsibility (CSR) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset (ROA). Dari hasil pengujian secara parsial didapatkan hasil bahwa Dewan Direksi, Komisaris Independen, Kepemilikan Institusional, berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset (ROA). Sedangkan Corporate Social Responsibility (CSR) tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset (ROA). Saran bagi perusahaan diharapkan agar lebih mengimplementasikan GCG, bagi investor agar lebih memperhatikan aspek GCG dan CSR sebagai pertimbangan dalam melakukan investasi, dan bagi peneliti selanjutnya agar menambah variabel dan menambahkan sampel penelitian.

Kata Kunci : Good Corporate Governance (GCG), Corporate Social Responsibility (CSR), Kinerja Keuangan, Return On Asset (ROA).

Subjek

ACCOUNTING-BUSINESS ACTIVITY
 

Katalog

Pengaruh Good Corporate Governance dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan Perbankan (Studi Pada Bank Umum Milik Negara dan Bank Umum Milik Swasta Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2016)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FIRDA HASNAH FADILAH
Perorangan
KHAIRUNNISA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini