PENGARUH JUMLAH DEWAN DIREKSI, PROPORSI DEWAN KOMISARIS INDEPENDEN, RETURN ON ASSETS DAN CURRENT RATIO TERHADAP HARGA SAHAM (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman Yang Terdaftar Pada Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016)

TSANIYA KHAIRUNNISA

Informasi Dasar

18.04.2866
657.72
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Harga saham sangat penting bagi perusahaan karena harga saham merupakan salah satu indikator kinerja perusahaan. Saham yang memiliki harga yang tinggi biasanya merupakan saham dari perusahaan yang memiliki kinerja perusahaan yang baik. Dan perusahaan yang memiliki kinerja yang baik, akan lebih memberikan keuntungan bagi investor. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh Dewan Direksi, Komisaris Independen, Return On Assets (ROA) dan Current Ratio (CR) terhadap harga saham perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman periode 2012 hingga 2016 baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan data sekunder yaitu data yang berasal dari laporan keuangan dan laporan tahunan yang diterbitkan oleh BEI. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman periode 2012 hingga 2016. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dan diperoleh 14 perusahaan makanan dan minuman periode 2012 hingga 2016. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel dan data diolah digunakan dengan Eviews 10. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan Dewan Direksi, Komisaris Independen, Return On Assets (ROA), dan Current Ratio (CR) memiliki pengaruh signifikan terhadap harga saham. Sedangkan secara parsial Dewan Direksi yang diukur dengan Jumlah Dewan Direksi tidak berpengaruh terhadap harga saham. Komisaris Independen yang diukur dengan Proporsi Dewan Komisaris Independen memiliki pengaruh negatif terhadap harga saham. Profitabilitas yang diukur dengan Return On Assets (ROA) memiliki pengaruh positif terhadap harga saham. Likuiditas yang diukur dengan Current Ratio (CR) tidak berpengaruh terhadap harga saham. Saran berdasarkan hasil penelitian ini, maka bagi perusahaan yang ingin meningkatkan harga saham perusahaannya, maka perusahaan dapat meningkatkan nilai ROA dengan cara menaikan laba perusahaan. Dan bagi investor di sarankan dalam mengambil keputusan berinvestasi saham pada perusahaan makanan dan minuman,dapat memperhatikan kinerja perusahaan

Kata Kunci : Harga Saham, Dewan Direksi, Komisaris Independen, Profitabilitas, dan Likuiditas.

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
 

Katalog

PENGARUH JUMLAH DEWAN DIREKSI, PROPORSI DEWAN KOMISARIS INDEPENDEN, RETURN ON ASSETS DAN CURRENT RATIO TERHADAP HARGA SAHAM (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman Yang Terdaftar Pada Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

TSANIYA KHAIRUNNISA
Perorangan
BRADY RIKUMAHU
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini