PENGARUH EMOTIONAL QUOTIENT TERHADAP ENTREPRENEUR'S PERFORMANCE (Studi pada Anggota Komunitas Social Entrepreneur The Local Enablers Jatinangor)

NADYA AULIA AKBAR

Informasi Dasar

18.04.2847
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Indonesia merupakan salah satu negara berkembang yang memiliki potensi yang sangat besar. Salah satu hal yang mendorong generasi muda berkarya yaitu dengan menumbuhkan jiwa entrepreneurship dalam dirinya dan membuat pertumbuhan perekonomian di Indonesia. Dengan adanya jiwa entrepreneur tersebut, masyarakat dapat membaca peluang di sekitar mereka. Salah satunya yaitu dengan menjadi social entrepreneur. Pada kondisi ini pelaku usaha dituntut untuk tidak hanya dapat berwirausaha saja tetapi juga dapat membawa misi sosial untuk sekitar pelaku usaha tersebut. Seorang Entrepreneur yang baik tentunya juga harus memiliki beberapa aspek lain yaitu kecerdasan emosional atau emotional quotient, kecerdasan intelektual atau intelectual quotient dan kecerdasan spiritual atau spiritual quotient. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Emotional Quetient Terhadap Entrepreneur’s Performance (Studi pada anggota komunitas Social Entrepreneur The Local Enbalers Jatinangor) Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian analisis deskriptif dan kausal. Jenis data yang dibutuhkan untuk penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode probability sampling jenis sampel jenuh dengan jumlah responden diambil sebanyak 30 responden, yaitu anggota komunitas Social Entrepreneur The Local Enablers Jatinangor. Kemudian untuk teknik analisis menggunakan analisi regresi linier berganda dan pengolahan data menggunakan software SPSS versi 22. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis secara keseluruhan menunjukkan bahwa emotional quotient secara simultan berpengaruh positif terhadap entrepreneur’s performance pada anggota komunitas social entrepreneur The Local Enablers Jatinangor dan hasil uji hipotesis secara parsial menunjukkan bahwa variabel self awareness, self management, social awareness dan relationship management memiliki pengaruh terhadap entrepreneur’s performance. Berdasarkan koefisien determinasi emotional quotient berpengaruh sebesar 82,5% terhadap entrepreneur’s performance dan sisanya 17,5% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Emotional Quotient, Entrepreneur’s Performance, Social Entrepreneur, The Local Enablers.

Subjek

ENTREPRENEUR
 

Katalog

PENGARUH EMOTIONAL QUOTIENT TERHADAP ENTREPRENEUR'S PERFORMANCE (Studi pada Anggota Komunitas Social Entrepreneur The Local Enablers Jatinangor)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NADYA AULIA AKBAR
Perorangan
HENDRATI DWI MULYANINGSIH
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Administrasi Bisnis
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini