Analisis Naratif Penokohan Karakter Bruce Wayne Pada Novel Grafis Batman Earth One Jilid Pertama

MAROZA SULAIMAN

Informasi Dasar

18.04.2825
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa karakter di dalam sebuah media narasi. Media yang digunakan adalah Novel Grafis Digital Batman Earth One Jilid pertama, karya penulis Geoff Johns dan pelukis Gary Frank. Novel grafis ini diterbitkan pada tahun 2012 dan telah terbit dalam 2 edisi.

Penelitian menggunakan metode analisis deskriptif, dengan mendeskripsikan bagaimana karakter Bruce Wayne dapat berperan tidak hanya sebagai subjek dari cerita namun juga bisa berubah menjadi objek, pendukung, penerima, maupun penghalang. Analisis ini dijabarkan ke dalam model analisis naratif Algirdas Greimas. Model tersebut terdiri dari subjek, objek, pendukung, penerima, pengirim, dan penghalang. Peneliti juga menggunakan psikoanalisis dengan tujuan untuk lebih memperjelas analisa karakter Bruce Wayne di dalam cerita. Data yang diambil berasal dari novel grafis Batman Earth One yang berbentuk Digital berformat CBR.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bruce Wayne tidak hanya dapat berperan sebagai subjek di dalam cerita, namun ia juga dapat berperan sebagai objek, penerima, pendukung, maupun penghalang, tergantung pada situasi interaksi yang ia lakukan dan karakter lainnya.

Subjek

POPULAR CULTURE
 

Katalog

Analisis Naratif Penokohan Karakter Bruce Wayne Pada Novel Grafis Batman Earth One Jilid Pertama
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MAROZA SULAIMAN
Perorangan
HADI PURNAMA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini