Aplikasi Pembelian dan Pengelolaan Persediaan Material Bangunan Menggunakan Metode FIFO Berbasis Web (Studi Kasus di Toko Besi Ciganitri Jaya Abadi, Bandung)

BUNGA SETIATI

Informasi Dasar

18.06.560
C
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Toko Besi Jaya Abadi merupakan salah satu perusahaan dagang yang menjual berbagai macam bahan material bangunan yang terletak di Jl. Ciganitri Tengah Desa Cipagalo Kec. Bojongsoang Kab. Bandung. Proses yang dilakukan di perusahaan ini adalah penjualan bahan material bangunan dan pembelian barang dagang kepada pemasok sebagai persediaan barang dagang yang belum memiliki sistem yang terintegrasi dengan baik antara penjualan, pembelian, dan persediaan barang dagang. Proses pencatatan transaksi pembelian dan persediaan barang dagang pada toko ini sama sekali tidak dilakukan, hanya mengandalkan nota pembayaran dari pemasok dan nota penjualan saja yang menjadi data perusahaan. Dengan adanya sebuah aplikasi terkomputerisasi akan memungkinkan pengguna dapat mengetahui sistem informasi yang akurat terkait dengan proses pembelian dan persediaan barang dagang. Metode yang digunakan yakni sistem perpetual dan metode penilaian persediaan akhir dengan metode FIFO. Untuk pembangunan perangkat lunak dalam proyek akhir ini menggunakan model terstruktur yang terdiri dari Use case diagram dan Entity Relationship Diagram (ERD). Bahasa pemrograman menggunakan CodeIgniter dan basis data MySQL. Dampak positif dari pembuatan aplikasi ini yaitu dapat melakukan penyimpanan data secara otomatis dan meminimalkan terjadinya kesalaham transaksi. Aplikasi ini dapat mencatat data-data mulai dari pencatatan pembelian dan retur pembelian yang nantinya dapat disajikan dalam bentuk laporan seperti jurnal, buku besar, kartu stok, laporan pembelian, dan laporan retur pembelian.

Kata kunci: pembelian, persediaan, FIFO perpetual, CodeIgniter, MySQL.

Subjek

Accounting and computing
 

Katalog

Aplikasi Pembelian dan Pengelolaan Persediaan Material Bangunan Menggunakan Metode FIFO Berbasis Web (Studi Kasus di Toko Besi Ciganitri Jaya Abadi, Bandung)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

BUNGA SETIATI
Perorangan
Renny Sukawati, Monterico Adrian
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini