ANALISIS DAN PERANCANGAN ENTERPRISE ARCHITECTURE PADA FUNGSI KEUANGAN DENGAN PENDEKATAN TOGAF ADM ( STUDI KASUS : PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM TIRTA RAHARJA KABUPATEN BANDUNG )

ALDI SYAHENDRA

Informasi Dasar

18.04.2771
658.403 8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PDAM Tirta Raharja memiliki tugas pokok serta fungsi memberikan pelayanan air bersih untuk masyarakat Kabupaten Bandung. PDAM memiliki visi “Dengan Pelayanan Prima Menjadi PDAM Termaju dan Berdaya Saing”. Untuk meningkatkan pelayanannya sebagai penunjang pelayanan pada perusahaan, diperlukan sistem informasi dalam menjalankan kegiatan bisnisnya. Dalam menjawab permasalahan tersebut dibutuhkan perancangan enterprise arhictecture untuk menyelaraskan sistem informasi.

Perancangan enterprise architecture di PDAM Tirta Raharja menggunakan framework TOGAF ADM, untuk memenuhi kebutuhan pengembangan enterprise architecture. Penelitian ini menggunakan framework TOGAF ADM yang memiliki 9 phase dari 6 phase yang digunakan dalam penelitian yaitu diantaranya Premilinary phase menjelaskan tahap persiapan dalam membuat arsitektur, Architecture Vision menjelaskan ruang lingkup yang digunakan dalam membuat arsitektur, Business Architecture menjelaskan pengembangan arsitektur bisnis, Information System Architecture menjelaskan pengembangan arsitektur data dan aplikasi, Technology Architecture menjelaskan pengembangan teknologi, Opportunities and Solutions dan Migration Planning dengan membandingkan keadaann eksisting dan keadaan target. Keluaran dari penelitian ini berupa blueprint arsitektur dan IT Roadmap.

Penyusunan penelitian dilatarbelakangi penerapan Enterprise Architecture pada Perusahaan. Penelitian berfokus pada fungsi Keuangan yang perlu adanya perancangan serta menerapkan Enterprise Architecture untuk mendukung proses bisnis atau aktifitas bisnis yang sedang berjalan di perusahaan. Penyusunan penelitian akan menghasilkan artifact-artifact dalam TOGAF ADM serta menghasilkan roadmap dalam pengembangan Teknologi Informasi.

Subjek

ENTERPRISE-ARCHITECTURE
INFORMATION MANAGEMENT,

Katalog

ANALISIS DAN PERANCANGAN ENTERPRISE ARCHITECTURE PADA FUNGSI KEUANGAN DENGAN PENDEKATAN TOGAF ADM ( STUDI KASUS : PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM TIRTA RAHARJA KABUPATEN BANDUNG )
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ALDI SYAHENDRA
Perorangan
SONI FAJAR SURYA GUMILANG, ASTI AMALIA NUR FAJRILLAH
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini