ANALISIS DAN PERANCANGAN ENTERPRISE ARCHITECTURE DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN TOGAF ADM PADA FUNGSI PELAYANAN (STUDI KASUS : PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM TIRTA RAHARJA KABUPATEN BANDUNG)

MUHAMMAD FARIS SYAFIQ

Informasi Dasar

18.04.2753
658.403 8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Raharja merupakan perusahaan daerah yang menyediakan layanan jasa air bersih yang didirikan pada tahun 1926 untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang terdapat di tiga daerah otonom, yaitu Kabupaten Bandung, Cimahi, dan Kabupaten Bandung Barat. PDAM Tirta Raharja memiliki tugas pokok dan fungsi sebagai penyedia layanan air bersih untuk masyarakat kabupaten Bandung. Untuk dapat mendistribusikan layanan air bersih, PDAM Tirta Raharja memiliki fungsi-fungsi bisnis, yaitu fungsi perencanaan, fungsi produksi, fungsi pengelolaan dan administrasi umum, fungsi Informasi Teknologi (TI), fungsi perencanaan dan pelayanan, fungsi pelayanan umum, fungsi distribusi, dan fungsi penelitian dan pengembangan. Fungsi pelayanan umum merupakan salah satu fungsi penting yang terdapat pada PDAM Tirta Raharja. Cakupan pelayanan yang rendah menjadi masalah utama perusahaan yang diakibatkan salah satunya oleh daerah otonom yang luas dan kantor pelayanan yang kurang representatif. Untuk itu, sistem informasi terintegrasi dapat menjadi solusi dalam meningkatkan pelayanan. Dalam menerapkan suatu sistem, diperlukan adanya blueprint yang digunakan sebagai panduan dalam membangun TI di perusahaan. EA (Enterprise Architecture) merupakan solusi yang dapat digunakan dalam merancang sistem di dalam perusahaan dengan mengintegrasikan domain-domain seperti Bisnis, Aplikasi, Data, dan Teknologi. TOGAF ADM dapat memenuhi kebutuhan pengembangan sistem dengan menyelaraskan keempat domain yang ada pada perusahaan. Perancangan Enterprise Architecture di dalam penelitian ini menggunakan framework TOGAF ADM, membatasi hanya pada perancangan preliminary phase, Phase A : Architecture Vision, Phase B: Business Architecture, Phase C: Information System Architecture (Data Architecture & Application Architecture), Phase D: Technology Architecture, Phase E: Opportunities and Solutions, dan Phase F: Migration Planning tanpa mempertimbangkan Phase G: Implementation Governance dan Phase F: Architecture Change Management Hasil keluaran pada penelitian ini yaitu berupa rancangan Enterprise Architecture dan IT Roadmap sebagai panduan dalam penerapan sistem pada fungsi layanan PDAM Tirta Raharja.

Subjek

ENTERPRISE-ARCHITECTURE
INFORMATION MANAGEMENT,

Katalog

ANALISIS DAN PERANCANGAN ENTERPRISE ARCHITECTURE DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN TOGAF ADM PADA FUNGSI PELAYANAN (STUDI KASUS : PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM TIRTA RAHARJA KABUPATEN BANDUNG)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD FARIS SYAFIQ
Perorangan
SONI FAJAR SURYA GUMILANG, ASTI AMALIA NUR FAJRILLAH
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini