Aplikasi Perhitungan Pembagian Sisa Hasil Usaha Gabungan dari Multi Unit Usaha (Studi Kasus di KPRI Rukun Makmur di SMK Negeri 1, Magelang)

GRISELDA AYU RATNADEWATI

Informasi Dasar

18.06.513
C
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Abstrak—SMK Negeri 1 Magelang merupakan sekolah kejuruan yang berada di Magelang. Sekolah tersebut memiliki sebuah koperasi bernama Koperasi Pegawai Repbulik Indonesia (KPRI) Rukun Makmur yang beranggotakan pegawai negeri. Setiap proses bisnis dan pencatatan transaksi di koperasi masih menggunakan cara manual, yaitu menggunakan Microsoft Excel. Oleh karena itu, sering terjadi beberapa masalah, baik saat melakukan transaksi maupun saat melakukan pencatatan akuntansi. Penelitian ini memberikan solusi untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang terjadi di koperasi dengan cara membangun sebuah aplikasi yang dapat membantu koperasi dalam menjalankan aktivitas transaksi sampai pencatatan akuntansi. Fungsionalitas yang dimiliki aplikasi tersebut adalah fungsionalitas pembayaran simpanan, pengajuan pinjaman, pencairan dana pinjaman, dan pembayaran angsuran pinjaman. Selain itu, terdapat pula fungsionalitas pembayaran beban, pencatatan akuntansi, dan perhitungan rencana pembagian SHU baik untuk USP maupun Unit Toko. Metode yang digunakan dalam pembangunan aplikasi pada penelitian ini menggunakan metode Siklus Hidup Pengembangan Sistem tipe air terjun. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan, dapat dinyatakan bahwa setiap fungsionalitas dapat diimplementasikan dengan baik dan aplikasi tersebut telah lolos uji. Aplikasi tersebut terbukti mampu menjawab setiap solusi yang ditawarkan dan membantu koperasi, khususnya untuk USP, dalam menjalankan aktivitas transaksi.

Kata Kunci—koperasi; sisa hasil usaha; aplikasi berbasis web; framework CI

Subjek

ACCOUNTING COMPUTER PROGRAMS
 

Katalog

Aplikasi Perhitungan Pembagian Sisa Hasil Usaha Gabungan dari Multi Unit Usaha (Studi Kasus di KPRI Rukun Makmur di SMK Negeri 1, Magelang)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GRISELDA AYU RATNADEWATI
Perorangan
MAGDALENA KARISMARIYANTI, FITRI SUKMAWATI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini