Patriotisme dalam Iklan Telkomsel versi #MenjadiYangTerbaik – Pilot (Analisis Semiotika Roland Barthes mengenai Patriotisme dalam Iklan)

AHMAD SOLEH AFIFF SIREGAR

Informasi Dasar

18.04.2579
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Patriotisme adalah sikap yang berupaya menjaga kemerdekaan dengan segala cara, termasuk dengan mengorbankan jiwa dan raga (Budiyono, 2007:212). Patriotisme berkembang pesat sejak abad ke 16 ketika Niccolo Machieavelli, seorang negarawan Italia dan ahli filsafat politis mengumumkan bahwa ia lebih mencintai negerinya daripada keselamatan jiwanya sendiri. Patriotisme sebagai aspek kehidupan manusia, tidak hanya ditunjukkan dalam kehidupan sehari-hari melainkan juga disentuh dengan media massa seperti iklan untuk mendapat perhatian masyarakat dalam memasarkan produk dan jasa. Dalam penelitian ini, peneliti tertarik untuk membongkar patriotisme dalam iklan Telkomsel #MenjadiYangTerbaik – Pilot. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan paradigma kritis yang menggunakan teknik analisis semiotika Roland Barthes. Menurut Roland Barthes terdapat tiga tahap dalam menganalisis sebuah tanda, yaitu denotasi, konotasi dan mitos. Hasil penelitian mengungkap bahwa secara denotasi iklan Telkomsel #MenjadiYangTerbaik – Pilot menceritakan perjuangan seorang kapten bernama Riko Kabak di wilayah pedalaman Papua. Sedangkan secara konotasi ditemukan pemahaman bahwa patriotisme dapat dilakukan dengan memanfaatkan profesi dan karena keterikatan pada kelompok sendiri. Penelitian ini juga menunjukkan berbagai mitos mengenai patriotisme dan adegan yang ditunjukkan dalam iklan Telkomsel #MenjadiYangTerbaik – Pilot.

Kata Kunci : Patriotisme, Iklan, Semiotika, Roland Barthes

Subjek

COMMUNICATION
 

Katalog

Patriotisme dalam Iklan Telkomsel versi #MenjadiYangTerbaik – Pilot (Analisis Semiotika Roland Barthes mengenai Patriotisme dalam Iklan)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AHMAD SOLEH AFIFF SIREGAR
Perorangan
Diah Agung Esfandari
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini