FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PELANGGAN GRAB DI KOTA BANDUNG

ABDUROHMAN FILZA FAUZI SAANIN

Informasi Dasar

18.04.2577
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Berkembangnya bisnis berbasis digital di kota besar memberikan kemudahan kepada masyarakat. Perkembangan teknologi digital membawa era baru dalam perekonomian dunia dan mengubah seluruh industri dan cara perusahaan beroperasi. Transportasi online kini sudah merambat ke ranah yang lebih luas lagi, dari mulai taksi, motor hingga mobil pribadi. Masyarakat indonesia sekarang telah dimanjakan dengan adanya transportasi online yang memudahkan masyarakat untuk berpergian, Selain harganya yang relatif murah, transportasi online juga sangat mudah diakses. Konsumen hanya tinggal memesan lewat aplikasi, layanan siap mengantar kemana pun sesuai tujuan.

Salah satu transportasi berbasis online yang ada di kota Bandung adalah Grab. Grab Indonesia membuat inovasi baru yang menawarkan berbagai keuntungan yang tidak ditawarkan perusahaan transportasi online lainnya, yaitu dengan melalui Grab for Work. Grab for Work merupakan solusi pintar bagi perusahaan untuk mencapai efisiensi kerja, monitor keuangan serta mobilitas staf. Solusi tersebut bisa memberikan dampak yang baik bagi perusahaan, namun perusahaan juga perlu mengetahui dampak apa yang diberikan kepada pelanggan, salah satunya mengenai kepuasan pelanggan dalam menggunakan Grab. Penelitian ini mengacu pada penelitian yang telah dilakukan oleh Sumaedi et al. (2016) bahwa kepuasan pelanggan dapat diukur dengan variabel image, perceived value, perceived usefulness, dan perceived ease of use.

Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara incidental sampling pada pengguna Grab yang berdomisili kota Bandung. Sebanyak 385 kuesioner dari para responden telah dikumpulkan dan diolah menggunakan analisis regresi berganda. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan SPSS versi 20.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa image, perceived value, perceived usefulness, dan perceived ease of use memiliki pengaruh signifikan secara simultan terhadap kepuasan pelanggan. Selain itu, secara parsial, perceived value, perceived usefulness, dan perceived ease of use memiliki pengaruh signifikan yang positif terhadap kepuasan pelanggan. Sedangkan image memiliki pengaruh signifikan yang negatif terhadap kepuasan pelanggan.

Penelitian ini diharapkan menjadi referensi bagi perusahaan meningkatkan kepuasan pelanggan dan membangun image Grab yang baik. Bagi penelitian selanjutnya, diharapkan dapat mempertimbangkan untuk menambah variabel penelitian lainnya dan meneliti kompetitor Grab sebagai objek penelitian.

Subjek

MARKETING MANAGEMENT
 

Katalog

FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PELANGGAN GRAB DI KOTA BANDUNG
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ABDUROHMAN FILZA FAUZI SAANIN
Perorangan
Indira Rachmawati
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini