Aplikasi Berbasis Web Untuk Prediksi Peluang Masuk SMAN di Kota Malang Menggunakan Metode Naïve Bayes (Studi Kasus SMAN 3 Kota Malang)

RAPHAEL CAESAR LAWRENZO TRIUMPH PARDEDE

Informasi Dasar

18.04.2468
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Setiap tahun pendidikan di Indonesia semakin maju dan berkembang seiring dengan semakin bertambahnya jumlah sekolah atau lembaga pendidikan. Sekolah tersebut tidak jarang didirikan dalam jarak yang berdekatan dalam satu wilayah seperti yang terjadi dengan Sekolah Menengah Atas Negeri yang ada di Kota Malang. Banyak faktor yang melatarbelakangi calon siswa untuk memilih calon Sekolah Menengah Atas baik faktor internal maupun eksternal sekolah. Oleh karena itu, siswa harus cerdas dalam memilih calon sekolah terbaik dan sesuai dengan kriterianya. Penerapan metode Naïve Bayes digunakan untuk memprediksi lulus atau tidak calon siswa untuk diterima di Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Malang dengan menggunakan nilai Ujian Nasional dan Zonasi sebagai parameternya. Dalam tugas akhir ini akan dilaksanakan pada salah satu Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Malang yaitu SMAN 3 Malang. Langkah pertama adalah dilakukan pengambilan data dari Dinas Pendidikan Wilayah Kota Malang dan Kota Batu. Setelah itu melakukan Cleaning Data agar data benar-benar relevan dengan kebutuhan sehingga dari atribut data sekolah dan data calon siswa tidak terjadi gangguan data dalam pengujian sistem. Dari hasil pengujian yaitu input dari calon siswa dapat diproses oleh metode Naïve Bayes dan mengeluarkan output yang hasilnya prediksi dari calon siswa tersebut berupa lulus atau tidaknya masuk di SMAN 3 Malang.

Kata kunci :Naïve Bayes, Prediksi, Data Mining

Subjek

Machine Learning
 

Katalog

Aplikasi Berbasis Web Untuk Prediksi Peluang Masuk SMAN di Kota Malang Menggunakan Metode Naïve Bayes (Studi Kasus SMAN 3 Kota Malang)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RAPHAEL CAESAR LAWRENZO TRIUMPH PARDEDE
Perorangan
Muhammad Nasrun, Muhammad Nasrun
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2018

Koleksi

Kompetensi

  • CEH4F3 - PEMBELAJARAN MESIN
  • MA2513 - PROBABILITAS DAN STATISTIKA
  • FEH4B4 - TUGAS AKHIR
  • TKI4F3 - PEMBELAJARAN MESIN
  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR
  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini