ANALISIS PERANCANGAN ENTERPRISE ARCHITECTURE OBJEK PELAPORAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DIREKTORAT JENDERAL PAJAK MENGGUNAKAN TOGAF ADM

ANDYANI CHRIS THALIA UDIONO

Informasi Dasar

18.04.2433
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK Direktorat Jenderal Pajak merupakan instansi pemerintah dibawah Kementrian Keuangan. Direktorat Jenderal Pajak menangani masalah perpajakan di Indonesia. Hal-hal yang ditangani oleh Direktorat Jenderal Pajak dari mulai pembayaran, hingga evaluasi serta pengawasan. Terdapat dua fungsi utama, yaitu pembayaran dan pelaporan. Pada fungsi pelaporan, terdapat tiga subjek wajib pajak. Subjek pertama yaitu orang pribadi. Pada orang pribadi meliputi karyawan dan wirausaha. Subjek kedua yaitu badan usaha. Pada badan usaha, meliputi badan usaha milik negara dan badan usaha milik swasta. Subjek ketiga yaitu bendaharawan, meliputi proyek proyek pembangunan negara. Dalam batasan tugas akhir ini, penulis hanya berfokus kepada fungsi pelaporan subjek pertama, yaitu orang pribadi.

Pada fungsi pelaporan subjek orang pribadi sudah memanfaatkan aset teknologi yang ada, namun terdapat beberapa masalah. Masalah yang pertama yaitu untuk subjek wirausaha, tidak dapat mengisi langsung di aplikasi yang ada namun harus mengunggah file berekstensi .csv yang sudah diisi pada aplikasi lain ke aplikasi e-filing. Masalah kedua yaitu masih banyaknya subjek wajib pajak yang mengisi harta dan pelaporan yang tidak seharusnya. Yang harus diisi di formulir pada aplikasi e-filing haruslah sesuai dengan Pajak Bangunan Bumi atau yang biasa disebut PBB dan sesuai dengan harta yang dimiliki.

Pada penyelesaian masalah, penulis menggunakan metode TOGAF 9 ADM. TOGAF 9 ADM merupakan kerangka kerja untuk menyusun Enterprise Architecture. Penulis menyarankan solusi integrasi antara data PBB serta data kepemilikan harta dengan aplikasi pelaporan. Diharapkan hasil akhir dari penyusunan Enterprise Architecture dapat menjadi acuan Direktorat Jenderal Pajak untuk memperbaiki, mengembangkan, serta memaksimalkan aset teknologi yang ada. Kata kunci: Direktorat Jenderal Pajak, pelaporan, Enterprise Architecture, TOGAF 9 ADM.

Subjek

ENTERPRISE-ARCHITECTURE
 

Katalog

ANALISIS PERANCANGAN ENTERPRISE ARCHITECTURE OBJEK PELAPORAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DIREKTORAT JENDERAL PAJAK MENGGUNAKAN TOGAF ADM
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANDYANI CHRIS THALIA UDIONO
Perorangan
RACHMADITA ANDRESWARI, RIDHA HANAFI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

  • ISG3B3 - ARSITEKTUR ENTERPRISE
  • ISH4Y3 - ARSITEKTUR SISTEM INFORMASI LANJUT
  • ISH4Z3 - IMPLEMENTASI ARSITEKTUR ENTERPRISE
  • ISI4R3 - IMPLEMENTASI ARSITEKTUR ENTERPRISE

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini