ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM PENJUALAN ECOMMERCE BERBASIS WEB PADA USAHA CLINIC HIJAB MENGGUNAKAN PEMODELAN UML (UNIFIED MODELLING LANGUAGE)

HERDY HAPPY HADI

Informasi Dasar

18.04.2257
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pertumbuhan teknologi informasi dewasa ini semakin pesat, Persebaran informasi yang semakin tinggi dikarenakan banyaknya permintaan dan data yang diperoleh guna membantu perusahaan melakukan proses keputusan. Salah satu pertumbuhan itu adalah internet (inter-networking) yang memfasilitasi pertukaran serta persebaran informasi yang dilakukan secara global dan real-time. Internet juga memiliki peranan penting dalam dunia ekonomi dan bisnis. Dengan hadirnya Ecommerce, kegiatan bisnis bisa dilakukan secara lintas negara. Ecommerce menawarkan kemudahan dalam melakukan transaksi. Perkembangan ecommerce juga dipicu oleh beragamnya tawaran produk dan jasa layanan online yang inovatif, menarik, mudah, dan tepat guna. Pada 2015, survei yang dilakukan oleh Google Indonesia menempatkan fashion sebagai produk paling banyak ditransaksikan lewat ecommerce. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan metode pengumpulan data secara triangulasi sekaligus untuk menguji kredibilitas data dengan cara wawancara, observasi dan pengumpulan dokumen terkait penelitian mengenai proses penjualan yang berjalan Setelah mengetahui permasalahannya melalui analisis PIECES maka dilakukan proses perancangan sistem dengan mengadopsi metode waterfall dan melakukan desain sistem berorientasi objek menggunakan pemodelan UML yang didalamanya mencakup diagram kelas, diagram use case dan diagram sekuen. Untuk menampilkan sistem yang telah dirancang yang mudah dipahami oleh calon user maka dibuatlah sebuah user interface menggunakan CMS opensource bernama Wordpress yang memberikan visualisasi user dengan sistem. Setelah itu dilakukan pengujian hasil rancangan sistem yang dibangun menggunakan metode informal reviews yang mencakup desain layout, kesesuaian warna, menu-menu navigasi, label/keterangan pada navigasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Sistem penjualan yang dilakukan Clinic Hijab masih menggunakan sistem yang konvensional, selain itu masih banyak permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan Clinic Hijab dalam memasarkan dan menjual produknya, sehingga perusahaan Clinic Hijab mengalami kesulitan untuk memberikan value produknya kepada konsumen. Pada penelitian ini telah dihasilkan sebuah rancangan sistem hingga tahap desain sistem menggunakan SDLC waterfall dan tools UML serta menghasilkan user interface sebagai visualisasi sistem yang dirancang untuk memudahkan user yang akan menggunakan sistem sebagai solusi yang diusulkan untuk menanggulangi permasalahan-permasalahan yang dialami perusahaan.

Kata Kunci : ecommerce, unified modelling language (UML), sistem penjualan, WordPress, waterfall.

Subjek

MANAGEMENT INFORMATION SYSTEMS
 

Katalog

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM PENJUALAN ECOMMERCE BERBASIS WEB PADA USAHA CLINIC HIJAB MENGGUNAKAN PEMODELAN UML (UNIFIED MODELLING LANGUAGE)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HERDY HAPPY HADI
Perorangan
ADHI PRASETIO
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini