Aplikasi Perhitungan Harga Pokok Produksi dan Penentuan Harga Jual Mebel Berbasis Web Menggunakan Metode Job Order Costing (Studi Kasus di Pandawa Mebel, Bojongsoang, Kab Bandung)

RAFKI AR RAHMAN

Informasi Dasar

18.06.464
C
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Pandawa Mebel merupakan perusahaan manufaktur yang awal nya mengubah bahan mentah menjadi barang jadi, baru kemudian di jual kepada pelanggan. Pandawa Mebel berada di Jl Bojongsoang No 17 Kab. Bandung. Sistem yang di pakai oleh pandawa mebel ini berupa sistem pemesanan, maksud dari sistem pemesanan ini adalah pelanggan datang ke Pandawa Mebel dan melakukan pesanan yang diinginkan terlebih dahulu. Pelanggan bisa memilih kayu apa yang cocok untuk pesanan tersebut dan baru akan di produksi setelah pelanggan memilih kayu. Sebagai perusahaan manufaktur yang melakukan kegiatan produksi, maka diperlukan perhitungan mengenai seluruh biaya-biaya produksi, seperti menghitung biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, dan biaya bahan penolong. Dengan menghitung biaya produksi maka seperti laporan harga pokok produksi perbulan nya, jurnal umum, dan buku besar untuk mencatat kegiatan selama produksi serta membuat kartu harga pokok pesanan dan menghitung berapa harga jual produk. Kartu harga pokok pesanan ini merupakan pengumpulan biaya produksi untuk menentukan harga pokok produk pada saat perusahaan yang menghasilkan atas dasar pesanan dan bertujuan untuk menentukan harga pokok produksi dari setiap pesanan baik harga pokok secara keseluruhan dari tiap tiap pesanan maupun untuk persatuan pesanan, mulai dari bahan baku, upah tenaga kerja, dan biaya bahan penolong. Pembuatan aplikasi ini menggunakan metode pengembangan berbasis objek. Proses pengembangan menggunakan Software Development Life Cycle (SDLC) dengan menggunakan model Waterfall. Tahap pembuatan kode program menggunakan Framework CodeIgniter dengan bahasa PHP. Kata Kunci : Pesanan, Harga Pokok Produksi, Kartu Harga Pokok Pesanan, CodeIgniter

Subjek

ACCOUNTING INFORMATION SYSTEMS
 

Katalog

Aplikasi Perhitungan Harga Pokok Produksi dan Penentuan Harga Jual Mebel Berbasis Web Menggunakan Metode Job Order Costing (Studi Kasus di Pandawa Mebel, Bojongsoang, Kab Bandung)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RAFKI AR RAHMAN
Perorangan
Kastaman, Iji Samaji
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini