ANALISIS DAN PERANCANGAN TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI PADA PT. XYZ MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5 DENGAN DOMAIN BUILD, ACQUIRE AND IMPLEMENT (BAI)

IRHA SALWA SYAMSIKA

Informasi Dasar

18.04.2236
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Teknologi Informasi (TI) merupakan pendukung utama tercapainya tujuan suatu perusahaan seperti Badan Usaha Milik Negara (BUMN). PT. XYZ merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang industri dan manufaktur. Pentingnya penerapan Teknologi Informasi yang komperhesif dan tersturktur untuk membantu tujuan bisnis PT. XYZ. Saat ini PT. XYZ telah menerapkan COBIT 4.1 dalam menjalankan tata kelola TI, sesuai dengan peraturan Menteri BUMN No. PER/02/MBU/2013 bahwa pada Tahun 2018 diharapkan seluruh BUMN telah mencapai IT-Maturity level 3. Untuk saat ini PT. XYZ telah memiliki nilai IT-Maturity level 2,8. Maka dari itu untuk memenuhi peraturan Menteri BUMN PT. XYZ ingin menerapkan COBIT 5 yang merupakan versi pembaharuan dari COBIT 4.1. Dalam penelitian ini dilakukan perancangan tata kelola TI untuk pengelolaan mutu dan kinerja teknologi informasi agar tujuan dari perusahaan dapat tercapai. Penelitian ini menggunakan COBIT 5 yang berfokus pada domain BAI (Build, Acquire and Implement). Proses penelitian ini dimulai dengan melakukan studi literatur dan studi lapangan terkait tata kelola TI pada PT. XYZ, selanjutnya dilakukan penilaian dan analisis terhadap tingkat kapabilitas berdasarakan COBIT 5. Selanjutnya akan dilakukan perancangan people, process dan technology untuk melengkapi hasil penilaian kapabilitas berdasarkan COBIT 5.

Kata Kunci: BAI, Tata Kelola, Teknologi Informasi, COBIT 5

Subjek

ENTERPRISE-ARCHITECTURE
 

Katalog

ANALISIS DAN PERANCANGAN TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI PADA PT. XYZ MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5 DENGAN DOMAIN BUILD, ACQUIRE AND IMPLEMENT (BAI)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

IRHA SALWA SYAMSIKA
Perorangan
Yuli Adam Prasetyo, Rokhman Fauzi
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2018

Koleksi

Kompetensi

  • ISG3L3 - TATA KELOLA DAN MANAJEMEN TEKNOLOGI INFORMASI
  • ISH4G4 - TUGAS AKHIR
  • III4A4 - TUGAS AKHIR
  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini