ANALISIS DAN PERANCANGAN STORAGE STRUCTURE DAN RACKING SYSTEM DATA CENTER TIER II DI PEMERINTAHAN KABUPATEN BANDUNG BERDASARKAN STANDAR TIA-942 MENGGUNAKAN METODE PPDIOO LIFE-CYCLE APPROACH

FURQAN MAULANA

Informasi Dasar

18.04.2217
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pemerintah Kabupaten Bandung merupakan instansi pemerintahan yang memiliki program kerja dan kewajiban untuk mengurus segala keperluan masyarakat di wilayah Kabupaten Bandung. Salah satu program kerjanya adalah memberikan layanan kepada masyarakat dibidang komunikasi dan informatika. Instansi yang memiliki tugas pokok tersebut dalam Pemerintah Kabupaten Bandung adalah Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (DISKOMINFO). DISKOMINFO memiliki tugas utama, yaitu melaksanakan penyusunan kebijakan daerah yang spesifik didalam bidang teknologi, dengan melakukan pengelolaan Informasi Publik, Komunikasi Publik, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Layanan e-Government, Statistik dan Persandian.

Berdasarkan kebutuhan dalam pelayanan masyarakat, data center Pemerintah Kabupaten Bandung memiliki Rencanan Jangka Panjang (RJP) yang dikelola oleh Dinas Komunikasi, Informatika dan Statiskik untuk jangka pengembangan 5 tahun dimulai dari 2016-2020, rencana tersebut berfokus pada penambahan jumlah perangkat yang bertujuan untuk meningkatkan layanan Teknologi Informasi kepada masyarakat Kabupaten Bandung. Oleh karena itu, dibutuhkan rencana pengembangan rak dan media penyimpanan yang baik untuk dapat memenuhi kebutuhan masyarakat sesuai rencana jangka panjang. Dalam perancangan racking system dan storage structure untuk data center mengacu pada Standar TIA-942 serta menggunakan metode PPDIOO Life-Cycle Approach yang berfokus pada tiga tahapan awal, yaitu prepare, plan, dan design. Metode ini dipilih karena sesuai dengan rencana Pemerintah Kabupaten Bandung dalam pengembangan data center secara bertahap sampai dengan tahap implement, operate, dan optimize secara jangka panjang.

Rancangan racking system dan storage structure yang sesuai Standar TIA-942 untuk Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Pemerintah Kabupaten Bandung menjadi hasil akhir dari penelitian ini. Hasil perancangan ini berupa usulan konsep rak dan struktur penyimpanan sesuai kebutuhan.

Kata Kunci : Data center, PPDIOO Life- Cycle Approach, Standard TIA-942, Racking System, Storage Structure.

Subjek

DATA STORAGE
 

Katalog

ANALISIS DAN PERANCANGAN STORAGE STRUCTURE DAN RACKING SYSTEM DATA CENTER TIER II DI PEMERINTAHAN KABUPATEN BANDUNG BERDASARKAN STANDAR TIA-942 MENGGUNAKAN METODE PPDIOO LIFE-CYCLE APPROACH
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FURQAN MAULANA
Perorangan
M. Azani Hasibuan, Umar Y.K. S. Hediyanto
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2018

Koleksi

Kompetensi

  • ISH423 - MANAJEMEN PUSAT DATA
  • ISH4G4 - TUGAS AKHIR
  • III4A4 - TUGAS AKHIR
  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini