KLASIFIKASI EMOSI PADA LIRIK LAGU MENGGUNAKAN METODE K-NEAREST NEIGHBOR

AFIF HIJRA FERDINAN

Informasi Dasar

18.04.2168
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Setiap orang tentu pernah mengalami berbagai emosi. Emosi adalah perasaan seseorang terhadap suatu keadaan yang mempengaruhi tingkah laku. Emosi bersifat subyektif dan temporer yang muncul atau dipicu oleh stimulus berupa pengalaman dari orang-orang sekitar dan lingkungannya. Salah satu contoh lingkunan yang dapat merangsang emosi seseorang adalah dari lagu yang didengarkan.

Lagu adalah suatu kesatuan musik yang terdiri atas susunan nada-nada yang teratur dan terdapat lirik didalamnya. Nada-nada yang teratur disebut dengan melodi, dan lirik adalah syair atau kata-kata yang disuarakan mengiringi melodi. Lirik lagu adalah bagian yang berperan membangun emosi. Pemilihan kata-kata yang tepat diperlukan untuk menciptakan emosi yang sesuai.

Dalam Tugas Akhir ini, dibuktikan penulis dapat membuat sebuah sistem pengklasifikasian emosi berdasarkan lirik lagu. Dengan menggunakan metode data mining dengan algoritma k-Nearest Neighbor. Setelah dibuatnya buku dan sistem ini, maka sistem ini dapat digunakan sebagai alat pengklasifikasian emosi beradasarkan lirik lagu berbahasa Indonesia dengan hasil rata-rata akurasi sebesar 75%.

Subjek

Machine - learning
 

Katalog

KLASIFIKASI EMOSI PADA LIRIK LAGU MENGGUNAKAN METODE K-NEAREST NEIGHBOR
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AFIF HIJRA FERDINAN
Perorangan
ANDREW BRIAN OSMOND, CASI SETIANINGSIH
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

  • CEG3G3 - KECERDASAN BUATAN
  • CEH4F3 - PEMBELAJARAN MESIN
  • TKI4F3 - PEMBELAJARAN MESIN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini