PENGARUH ASIMETRI INFORMASI, LEVERAGE, DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi pada Perusahaan Pertambangan Sub Sektor Batu Bara yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016)

MELINDA RACHMAYANTI

Informasi Dasar

18.04.2149
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Manajemen laba merupakan salah satu upaya manajer menunjukkan eksistensi perusahaan yang dikelolanya untuk menarik investor, kreditor, maupun stakeholder dengan cara menaikkan atau menurunkan laba. Selain itu, tindakan manajemen laba juga dijadikan alat oleh pihak manajemen perusahaan untuk mendapatkan keuntungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari asimetri informasi, leverage, dan kepemilikan manajerial terhadap manajemen laba. Penelitian ini menggunakan proksi discretionary accrual untuk menghitung manajemen laba pada perusahaan pertambangan sub sektor batu bara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2016. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan pertambangan sub sektor batu bara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik pemilihan sampel yang digunakan yaitu metode purposive sampling dan diperoleh 16 perusahaan atau 80 sampel perusahan pertambangan sub sektor batu bara periode 2012-2016. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah regresi data panel dengan menggunakan Software Eviews 9.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan asimetri informasi, leverage, dan kepemilikan manajerial berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba dengan koefisien determinasi (R²) pada penelitian ini adalah 0.327138 atau 32.7138%. Sedangkan secara parsial, asimetri informasi tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba, leverage berpengaruh signifikan ke arah negatif terhadap manajemen laba, dan kepemilikan manajerial berpengaruh signifikan ke arah negatif terhadap manajemen laba. Hasil penelitian ini memberi kesimpulan pada perusahaan pertambangan sub sektor batu bara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2016. Yang pertama, bahwa semakin tinggi atau semakin rendah asimetri informasi, maka tidak berpengaruh terhadap manajemen laba. Kedua, semakin tinggi leverage, maka tingkat manajemen laba menurun. Ketiga, semakin tinggi persentase kepemilikan manajerial, maka tingkat manajemen laba menurun.

Kata Kunci : Asimetri Informasi, Leverage, Kepemilikan Manajerial, Manajemen Laba.

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

PENGARUH ASIMETRI INFORMASI, LEVERAGE, DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi pada Perusahaan Pertambangan Sub Sektor Batu Bara yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MELINDA RACHMAYANTI
Perorangan
DEDIK NUR TRIYANTO
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

  • ACH3E3 - ANALISIS LAPORAN KEUANGAN
  • ACH3I3 - INVESTASI
  • EBH0H4 - MANAJEMEN KEUANGAN
  • SA533022 - METODOLOGI PENELITIAN
  • EAI3123 - ANALISIS LAPORAN KEUANGAN
  • TTI6C3 - METODOLOGI PENELITIAN
  • CII9A3 - FILSAFAT DAN METODOLOGI PENELITIAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini