PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL, UKURAN PERUSAHAAN, DAN KOMISARIS INDEPENDEN TERHADAP KINERJA KEUANGAN (Studi pada Perbankan Syariah yang terdaftar di BI Periode (2012-2016)

RIZMANDA FITRIAWAN DWI MEIDATAMA

Informasi Dasar

18.04.2136
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK Kinerja keuangan bank merupakan gambaran pencapaian keberhasilan bank dalam penghimpunan dan penyaluran dana. Dalam penelitian ini, rasio yang digunakan untuk mengukur kinerja keuangan bank adalah Return on Assets (ROA). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Intellectual Capital, Ukuran Perusahaan, dan Komisaris Independen terhadap kinerja keuangan bank yang diukur dengan Return on Asset (ROA) pada Perbankan Syariah yang terdaftar di Bank Indonesia (BI) Tahun 2012-2016. Populasi dalam penelitian ini Perbankan Syariah yang terdaftar di Bank Indonesia (BI) Tahun 2012 sampai 2016. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh 11 perbankan syariah yang diserakan kurun waktu 5 tahun sehingga didapat 55 sampel yang diobservasi. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah regresi data panel dengan menggunakan software Eviews 9.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan intellectual capital, ukuran perusahaan, dan komisaris independen berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan. Sedangkan secara parsial intellectual capital, ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan dan komisaris independen tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan. Perusahaan disarankan memaksimalkan nilai tambah (value added) atau potensi dari human capital yang dimiliki dengan cara merekrut karyawan perbankan syariah yang berlatar belakang ekonomi syariah dan memberikan pelatihan yang memberikan tingkat kinerja keuangan. Kata kunci : Intellectual Capital, Ukuran Perusahaan, Komisaris Independen, Return on Asset (ROA)

Subjek

BANK
 

Katalog

PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL, UKURAN PERUSAHAAN, DAN KOMISARIS INDEPENDEN TERHADAP KINERJA KEUANGAN (Studi pada Perbankan Syariah yang terdaftar di BI Periode (2012-2016)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RIZMANDA FITRIAWAN DWI MEIDATAMA
Perorangan
DEWA PUTRA KHRISNA MAHARDIKA
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini