ANALISIS DAN PERANCANGAN KONVERSI KARAKTER BRAILLE KE HURUF HIJAIAH BERTANDA BACA BERBASIS PENGOLAHAN CITRA DIGITAL MENGGUNAKAN METODE RATA-RATA REGION PIKSEL DAN K-NEAREST NEIGHBOR

SUKMA BAHRUL AZIZ

Informasi Dasar

18.06.458
C
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Proses belajar membaca dan menulis Alquran menggunakan braille sangat diperlukan oleh tunanetra yang beragama Islam yang mana salah satu tulisan pada Alquran tersebut merupakan huruf hijaiah bertanda baca atau berharakat. Hasil tulisan braille Alquran dari tunanetra akan dikoreksi dengan manual sehingga menyulitkan orang awam yang tidak mengetahui huruf braille itu sendiri.
Dari permasalahan tersebut, dirancang sebuah sistem konversi huruf braille ke huruf hijaiah bertanda baca. Masukan berupa hasil scanning dengan format .jpg dari naskah Braille single sided yang dibuat dengan menggunakan reglet, sehingga naskah tersebut memiliki titik - titik di pojok. Hasilnya disegmentasi dan menghasilkan nilai-nilai piksel yang dijadikan sebagai ciri suatu karakter braille. Ciri tersebut diekstraksi menggunakan metode rata-rata region piksel dan diklasifikasi menggunakan K-Nearest Neighbor (KNN). Keluaran sistem berupa huruf hijaiah bertanda baca.
Sistem ini mempunyai akurasi maksimal sebesar 100 % dengan menggunakan 392 pasang karakter braille yang terdiri dari karakter huruf dan karakter tanda baca, jarak segmentasi (c) bernilai 100 piksel, jarak segmentasi (d) bernilai 15 piksel, jenis ciri ialah Ciri Biner, jenis jarak KNN Euclidean dan nilai tetangga k = 1.
Kata Kunci : Braille, huruf hijaiah, tanda baca, rata-rata region piksel, K-Nearest Neighbor

Subjek

COMPUTER-IMAGE PROCESSING
 

Katalog

ANALISIS DAN PERANCANGAN KONVERSI KARAKTER BRAILLE KE HURUF HIJAIAH BERTANDA BACA BERBASIS PENGOLAHAN CITRA DIGITAL MENGGUNAKAN METODE RATA-RATA REGION PIKSEL DAN K-NEAREST NEIGHBOR
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SUKMA BAHRUL AZIZ
Perorangan
Ratri Dwi Atmaja, Suci Aulia
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2018

Koleksi

Kompetensi

  • TTH4P3 - COMPUTER VISION

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini