PENERAPAN TEKNIK TDD-LTE PADA PERANCANGAN JARINGAN INDOOR UNTUK FREKUENSI 2.3 GHz MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK RPS 5.4 STUDENT EDITION (STUDI KASUS FAKULTAS ILMU TERAPAN UNIVERSITAS TELKOM)

PURUSADI HASTRUMAN

Informasi Dasar

18.06.413
C
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Mayoritas penyedia layanan komunikasi bergerak menggunakan teknik frequency division duplex (FDD), dimana konsep duplexing ini memerlukan sepasang frekuensi dalam melakukan pengiriman informasi sehingga proses downlink dan uplink dalam pengiriman informasi dilakukan di frekuensi yang berbeda.

Sementara teknik time division duplex (TDD) memiliki kelebihan tersendiri, teknik duplexing ini tidak memerlukan frekuensi yang berpasangan seperti yang digunakan pada teknik FDD, karena proses downlink dan uplink dilakukan di waktu yang berbeda sehingga dapat dilakukan efisiensi frekuensi. Perancangan jaringan indoor menggunakan distributed antenna system (DAS) dengan konsep duplexing menggunakan teknik TDD akan digunakan untuk mengoptimalkan layanan komunikasi bergerak didalam ruangan seperti yang diterdapat dalam gedung Fakultas Ilmu Terapan, Universitas Telkom.

Hasil dari perancangan jaringan indoor dengan menerapkan teknik TDD-LTE dengan pita frekuensi 2.3 GHz di Gedung Fakultas Ilmu Terapan, Universitas Telkom untuk simulasi RSSI di lantai 1sampai dengan 4 diperoleh rata-rata -39.63 dBm, -42.88 dBm, -44.85 dBm, dan -42.42 dBm sedangkan untuk parameter SIR diperoleh rata-rata 14.60 dB, 14.32 dB, 27.64 dB, dan 17.09 dB. Hasil yang diperoleh dari perancangan ini telah mencapai target standar parameter radio frequency yang digunakan operator terkait.

Kata Kunci : DAS, Duplexing, FDD, IBC, TDD.

Subjek

CELLULAR TECHNOLOGY
 

Katalog

PENERAPAN TEKNIK TDD-LTE PADA PERANCANGAN JARINGAN INDOOR UNTUK FREKUENSI 2.3 GHz MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK RPS 5.4 STUDENT EDITION (STUDI KASUS FAKULTAS ILMU TERAPAN UNIVERSITAS TELKOM)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

PURUSADI HASTRUMAN
Perorangan
Hasanah Putri, Ishak Ginting
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2018

Koleksi

Kompetensi

  • DTG3G3 - TEKNIK TRANSMISI SELULER

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini