Monitoring Suhu Ruangan Berbasis IoT

JUNI SILABAN

Informasi Dasar

18.06.398
C
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Abstrak Rumah memiliki berbagai ruangan yang dibatasi oleh dinding-dinding. Ruangan di dalam rumah memiliki fungsi yang berbeda. Pada setiap rumah tentunya memiliki ruang dapur masak untuk melakukan kegiatan memasak. Setelah melakukan kegiatan memasak sudah pasti terdapat uap panas yang dihasilkan oleh kompor yang menyala, dan tentunya sangat tidak nyaman bagi para pengguna dapur masak.

Oleh sebab itu, untuk membantu para pengguna dapur masak, kami membuat aplikasi yang memanfaatkan perkembangan teknologi Internet of Things. Iot (Internet of Things) merupakan sebuah konsep yang bertujuan untuk meperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus-menerus. Dapat juga dimanfaatkan pada ruangan untuk mengendalikan peralatan elektronik seperti kipas dan exhaust. Proses mengendalikannya menggunakan smartphone android dalam kendali jarak jauh. Sistem pembuatannya menggunakan sensor suhu DHT22 dan mikrokontroler NodeMcu.

Dengan adanya aplikasi yang memanfaatkan teknologi berbasis Internet of Things ini diharapkan dapat memonitoring suhu ruangan terutama pada ruangan dapur masak.

Kata kunci: Internet Of Things, NodeMcu, sensor DHT22, smartphone. ?

Subjek

Internet
 

Katalog

Monitoring Suhu Ruangan Berbasis IoT
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

JUNI SILABAN
Perorangan
TRI BROTOHARSONO, IRMAN HARIMAN
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

  • DPH3D4 - PEMROGRAMAN BERBASIS SENSOR
  • VII3B4 - PEMROGRAMAN BERBASIS SENSOR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini